Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Lempar Granat, Siswa Pelatihan Militer di China Ini Nyaris Celaka

Kompas.com - 31/10/2018, 19:29 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

HARBIN, KOMPAS.com - Seorang siswa pelatihan Angkatan Udara di China nyaris celaka setelah dia gagal melemparkan granat melewati tembok saat latihan.

Dalam sebuah rekaman video yang dirilis militer China dan disiarkan stasiun televisi negara CCTV, tampak seorang kadet yang sedang menjalani latihan melempar granat dengan didampingi instruktur.

Dia melemparkan granat tersebut dari belakang tembok. Namun granat yang seharusnya dilempar melewati tembok itu justru terpantul dan jatuh sekitar dua meter di dekat kadet dan instrukturnya.

Beruntung keduanya sempat mengamankan diri dengan masuk ke lubang perlindungan yang ada di samping mereka, tepat sebelum granat itu meledak.

Baca juga: Tanpa Sengaja, Nenek Ini Berikan Granat untuk Mainan Cucunya

Melansir dari Metro.co.uk, insiden yang nyaris mencelakakan itu terjadi di Akademi Penerbangan Angkatan Udara Pasukan Pembebasan Rakyat (PLA) di Harbin, Provinsi Heilongjiang di China timur laut pada pekan lalu.

"Kadet tersebut bersama kelompok barunya sedang menjalani pelatihan teknik lemparan granat tangan dasar saat kesalahan itu terjadi," tulis laporan pihak militer.

Diduga, kadet itu gugup saat melemparkan granat sehingga arah lemparan granat tidak sempurna.

"Sudut pergelangan tangannya saat melakukan lemparan salah dan menyebabkan granat menghantam tembok dan memantul ke samping kiri kami," kata Xu Hao, instruktur dalam pelatihan tersebut.

"Saya melihat adanya situasi bahaya sehingga langsung menangkap kadet itu dan kami melompat ke lubang perlindungan seperti yang seharusnya," tambahnya.

Pejabat akademi mengatakan, jika bukan karena keputusan dan tindakan cepat dari Xu, kedua orang tersebut kemungkinan telah menderita luka serius akibat ledakan granat tangan yang dapat efektif membunuh hingga jarak enam meter.

Baca juga: Tangan Pria Ini Harus Diikat dengan Selotip karena Memegang Granat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com