Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zamrud Langka 5.655 Karat dan Berbobot 1,1 Kg Ditemukan di Zambia

Kompas.com - 31/10/2018, 11:55 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Pemasok batu permata asal Inggris Gemfields mengumumkan telah menemukan sebuah zamrud langka di Zambia.

Channel News Asia memberitakan Rabu (31/10/2018), zamrud itu dikatakan langka karena mempunyai berat 1,1 kilogram dan 5.655 karat.

Baca juga: Mahkota Sultan Ternate Ini Bertabur 113 Batu Permata

"Batu zamrud itu mempunyai kejernihan luar biasa dan rona hijau keemasan yang seimbang nan sempurna," demikian penjelasan Gemfields.

Zamrud itu ditemukan di Kagem, kawasan pertambangan terbesar dunia, di mana permata itu dinamai Inkalamu yang berarti Singa dalam bahasa lokal Bemba.

Pemasok yang berbasis di London itu menyatakan, penamaan bagi zamrud yang belum dipotong itu merupakan tradisi bagi berlian yang paling langka serta paling berharga.

"Meski tak ada catatan resmi, diperkirakan ada 24 batu permata yang telah diberi nama, dengan mayoritas mempunyai kadar kurang dari 1.000 karat," ujar Gemfields.

Perusahaan yang didirikan pada 2007 itu melanjutkan, Zamrud Inkalamu itu bakal dilelang di Singapura pada November mendatang.

Managing Director for Product and Sales Gemfields Adrian Banks berujar tidak seperti permata lainnya, harga zamrud seperti Inkalamu sukar diprediksi.

Banks berharap setelah dipotong, zamrud itu bakal menjadi kristal Inkalamu yang indah dengan bentuk seperti manik-manik maupun permata yang lebih kecil.

"Mengingat jenis zamrud ini sangat langka, sangat dimungkinkan para pembeli ini bakal mempertimbangkannya sebagai bentuk investasi," tutur Banks.

Baca juga: Akik Termasuk Batu Permata Setengah Mulia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com