Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Tewaskan 11 Orang di Italia dan Kota Venesia Terendam Banjir

Kompas.com - 31/10/2018, 09:10 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber CNN,AFP

VENESIA, KOMPAS.com - Total kematian akibat badai dahsyat yang menerjang Italia menjadi 11 orang pada Selasa (30/10/2018), sementara cuaca buruk melanda Eropa hingga membuat pengendara dan turis terjebak.

"Kami menghadapi salah satu situasi meteorologi paling kompleks dari 50 hingga 60 tahun terakhir," kata Angelo Borrelli, kepala badan perlindungan sipil nasional, seperti diwartakan AFP.

Otoritas melaporkan, perempuan tewas karena rumahnya dilanda longsor di Tretino, sementara seorang pria tewas di Veneto akibat tertimpa pohon jatuh.

Baca juga: Perhiasan Milik Kerajaan Qatar Dicuri saat Dipamerkan di Venesia

Di tempat lain, seorang pria tewas ketika selancar lain pada Senin lalu di dekat kota Cattolica di pantai Adriatik, sementara mayat pria lain ditemukan di Danau Levico.

Seorang pria juga hilang di laut lepas Calabria di barat daya, sementara mayat yang lain ditemukan di sungai di Italia utara.

Sementara itu, Venesia terrendam banjir yang mencapai hampir rekor tertinggi, sedangkan badai membawa angin kencang hingga 180 km/jam.

Melansir CNN, air di kota yang terkenal dengan kanal dan gondolanya itu meningkat 160 cm di atas permukaan laut akibat air pasang, yang berarti 77 persen kota terendam dengan air.

Tinggi air itu disebut sebagai yang tertinggi sejak Desember 1979. Level air tertinggi yang pernah tercatat terjadi pada November 1966 dengan 194 cm.

Turis dan penduduk berjalan dengan susah payah melewati air yang hampir setinggi pinggang, sementara toko-toko dan restoran dihiai dengan pengalang untuk menahan gelombang pasang.

Baca juga: Insiden Salah Belok, Para Pelari Unggulan Gagal Juarai Maraton Venesia

Pemilik toko juga terlihat menggunakan ember untuk membuang air dari tempat mereka. Hamparan luas Basilika Santo Markus berubah menjadi danau.

Media Italia melaporkan bahwa sekitar 170 orang, wisatawan dan staf hotel, terdampar oleh hujan salju lebat di Stelvio Pass di perbatasan Swiss.

Sementara itu di Friuli Venezia Giulia, pemerintah setempat mengatakan sekitar 23.000 orang mengalami pemadaman listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com