Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumpah Pemuda Iringi Peluncuran Pusat Kegiatan Diaspora Indonesia di Singapura

Kompas.com - 28/10/2018, 21:37 WIB
Ericssen,
Veronika Yasinta

Tim Redaksi


SINGAPURA, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia di Singapura ikut memperingati perayaan Hari Sumpah Pemuda ke-90 yang jatuh pada Minggu (28/10/2018).

Adapun peringatan hari bersejarah ini dijadikan momentum oleh Forum Komunikasi Masyarakat Indonesia di Singapura (FKMIS) untuk meluncurkan “FKMIS Centre”.

FKMIS Centre yang terletak di daerah Paya Lebar, di bagian timur Singapura, secara resmi dibuka pagi ini oleh Duta Besar Indonesia untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya.

Baca juga: Sumpah Pemuda, Ratusan Pelajar Trenggalek Warnai Becak di Kantor Polisi

Dalam sambutannya, Ketua Umum FKMIS Stephanus Titus Widjaja mengungkapkan adanya keluhan mengenai masih minimnya lokasi tempat berkumpul bagi diaspora Indonesia di Singapura untuk menyalurkan aspirasi serta melaksanakan kegiatan.

"Momentum Sumpah Pemuda adalah momentum yang tepat bagi FKMIS untuk memberikan bukti nyata merangkul diaspora Indonesia di negeri Singa dalam suasana semangat persatuan terlepas dari perbedaan suku, budaya, bahasa, agama, dan latar belakang," katanya.

Diharapkan FKMIS Centre dapat menjadi pusat kegiatan dan berkumpul diaspora Indonesia. Sementara itu, Swajaya yang menyambut hangat inisiatif yang telah dilakukan FKMIS.

Dia juga berharap semangat satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa tetap diperkuat memasuki periode kampanye pemilu 2019. 

Pantauan kontributor Kompas.com di Singapura, warga dari sejumlah komunitas seperti Himpunan Penata Laksana Rumah Tangga Indonesia Singapura (HPLRTIS), Indonesian Family Network (IFN), Pekerja Indonesia Singapura (PIS), Persatuan Wanita Indonesia Singapura (PWIS), Indonesian Muslim Association in Singapore (IMAS) memenuhi ruangan.

Acara peluncuran berlangsung meriah di mana ada tari-tarian Ponorogo, dengan kegiatan utama pada pembukaan berupa pelatihan khusus kepada peserta yang dilakukan oleh motivator ternama tanah air Krishnamurti dan Dian Wisdianawati dari Holistic Investment Quotient (HIQ).

Para motivator membahas  pentingnya mengubah gaya hidup konsumtif menjadi gaya hidup yang lebih produktif.

Baca juga: Peringatan Sumpah Pemuda 2018 ala Bikers se-Sulawesi

Peluncuran FKMIS Centre tidak terlepas dari kerja sama yang dilakukan dengan Centre for Competency-Based Learning-Development (CBLD), lembaga yang khusus memberikan pelatihan kompetensi dan keterampilan sumber daya manusia.

Hingga bulan Desember, FKMIS ditargetkan dapat memberikan pelatihan Kewirausahaan, Manajemen Keuangan, dan Bahasa Inggris kepada masyarakat diaspora khususnya Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mencakup 80 persen diaspora Indonesia di Singapura.

FKMIS didirikan pada 10 Januari 2010 berfungsi sebagai forum yang menjembatani komunikasi antar-komunitas dan masyarakat Indonesia di Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com