Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dijanjikan Uang Lebih Banyak, Kawanan Perampok Ditangkap Saat Kembali

Kompas.com - 24/10/2018, 18:24 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

CHARLEROI, KOMPAS.com - Sebuah upaya perampokan unik terjadi di Belgia ketika sekelompok orang mendatangi sebuah toko rokok elektrik.

Sebabnya, para pencuri tersebut pulang setelah si pemilik menjanjikan bakal memberikan mereka uang, dan ditangkap tatkala mereka kembali.

Baca juga: Gadis 8 Tahun Ini Serang Perampok Bersenjata yang Menodong Ayahnya

"Ini mungkin terlihat lucu, namun benar-benar terjadi. Mereka adalah pencuri terburuk di Belgia," ujar pemilik toko yang bernama Didier itu.

Diwartakan Russian Today Rabu (24/10/2018), enam orang perampok itu datang ke toko Didier di Charleroi pukul 15.00 Sabtu waktu setempat (20/10/2018).

Selain uang tunai, komplotan perampok itu juga meminta sejumlah barang. Kepada RTL, Didier berkata kepada penjahat itu bahwa mereka datang tidak di waktu yang tepat.

Dengan sedikit membujuk, dia berkata kepada komplotan perampok bahwa mereka bakal mendapat banyak uang jika mereka kembali lagi ketika tokonya tutup.

"Saya berkata 'kalian bisa mengambil 1.000 euro (sekitar Rp 17,3 juta). Namun jika kalian kembali nanti, kalian bakal mendapat lebih'," tutur Didier.

Dia mengaku tak percaya ketika kelompok itu ternyata termakan bujukannya dan meninggalkan toko. Momen itu dipakainya untuk menelepon polisi.

"Ketika saya menelepon polisi, awalnya mereka berpikir perampok itu tak bakal kembali. Namun saya bersikeras dan yakin mereka bakal datang," tutur Didier via BBC.

Pukul 17.30, atau satu jam sebelum toko tutup, pengintai dari kelompok tersebut datang dan menagih uang kepada Didier, yang langsung menolak permintaannya.

"Saya berkata kepadanya 'Belilah jam. Ini baru pukul 17.30. Toko saya belum tutup'. Saya juga meminta tambahan waktu untuk menghitung uangnya," katanya.

Si pengintai kembali termakan rayuan Didier, dan meninggalkan toko. Komplotan tersebut kembali datang tepat pukul 18.30.

Namun kali ini, kedatangan mereka telah disambut polisi yang bersembunyi di bawah meja. Lima perampok dilaporkan berhasil diamankan.

Sementara satu orang penjahat lainnya melarikan diri. "Mereka benar-benar melakukan sesuatu dengan tidak cemerlang," tuturnya.

Baca juga: Seorang Pencuri Mobil Mewah Tertangkap Gara-gara Pelembab Bibir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com