Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikiranya Anak Anjing, Pria di China Beli Seekor Tikus

Kompas.com - 24/10/2018, 17:02 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com — Seorang pria di China yang kesepian dan membutuhkan teman memutuskan untuk membeli seekor anak anjing di sebuah toko hewan peliharaan.

Namun, seperti dilaporkan Daily Mirror pada Selasa (23/10/2018), dia terkejut ketika mendapati hewan yang dibelinya ternyata bukan anak anjing, melainkan tikus bambu.

Baca juga: Dikira Anjing, Wanita Ini Ternyata Memelihara Seekor Rubah

Media lokal Shanghaiist memberitakan, pria yang tak disebut identitasnya itu membeli "anak anjing" tersebut dengan harga murah.

Namun, keanehan mulai timbul ketika peliharaannya bertumbuh. Selain berperilaku aneh, si "anak anjing" tidak berlari layaknya anjing.

Penasaran, dia mengambil foto hewan peliharaannya dan mengunggahnya di media sosial Weibo dengan harapan ada warganet yang memberi tahu apa sebenarnya hewan tersebut.

Diwartakan The Straits Times, ada warganet yang mengenali hewan itu sebagai tikus bambu. Pria tersebut kemudian mencarinya di internet.

Dari pencariannya, dia menemukan peliharaannya sangat mirip dengan deskripsi tikus bambu. Hewan yang hidup di selatan China, Myanmar, dan Vietnam.

Selain makan bambu sesuai namanya, tikus itu juga makan akar pohon. Mereka hidup di hutan maupun kawasan berumput, dan tumbuh hingga 50 cm.

Mereka dilaporkan merupakan makanan lezat di China, dengan setiap restoran menyajikan hidangan daging tikus bambu di seluruh penjuru negeri.

Mengetahui si hewan peliharaan adalah tikus bambu, pria tersebut memilih untuk mengembalikannya karena tak tahu cara merawatnya.

Ini bukan kali pertama warga di China tertipu ketika membeli hewan peliharaan. Mei lalu, sebuah keluarga di Yunan kaget mengetahui anjing yang mereka besarkan adalah beruang hitam Asia.

Di saat bersamaan, seorang perempuan di kawasan Jinzhong memelihara seekor rubah setelah mengiranya sebagai anjing jenis Japanese Spitz.

Kemudian Juni, pria di Provinsi Liaoning membeli seekor "pomeranian" di toko hewan lokal hanya untuk mengetahui dia memelihara seekor rakun.

Baca juga: Dikira Anjing, Hewan Peliharaan Keluarga Ini Ternyata Beruang Hitam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com