Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pergantian "Sang Ratu" Bikin Kota Sydney Dipenuhi Sarang Lebah

Kompas.com - 23/10/2018, 11:35 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber ABC

SYDNEY, KOMPAS.com - Pergantian ratu lebah menciptakan keramaian di Sydney, Australia. Sebab, banyak kawanan besar lebah kini ditemukan di seluruh kota.

Hewan-hewan menyengat itu memenuhi taman bermain sekolah, pusat perbelanjaan, dan menyerbu kebun.

ABC mewartakan pada Selasa (23/10/2018), aktivitas lebah tersebut biasanya terjadi setelah musim hujan dan memasuki musim semi yang lembab, sehingga nektar berlimpah.

Baca juga: 23 Kasus Keracunan Salmonella, Sejumlah Telur Ditarik di Sydney

Kawanan lebah yang dipimpin ratu tua dikeluarkan dari sarang mereka, setelah ratu yang lebih muda lahir dan mengambil alih.

Peternak lebah Doug Purdi, yang memiliki usaha The Urban Beehive, mengaku telah menerima ratusan panggilan dari warga yang meminta bantuan dalam beberapa pekan terakhir.

"Saya telah menangkap dan memindahkan kawanan dari banyak tempat ganjil, termasuk gedung perkantoran Macquarie Street, hotel bandara, dan taman bermain anak-anak," katanya.

Purdi menyarankan agar warga tidak memukul lebah dengan tongkat, atau berupaya untuk mematikan hewan tersebut.

"Kami mengambil ratu lebah dan memasukkan ke dalam kotak. Biasanya lebah secara pasif akan mengikutinya, jadi kami dapat memindahkan koloni itu," ujar Purdi.

"Kami di sini untuk membantu melindungi populasi lebah lokal terhadap ancaman. Lebah madu melakukan pekerjaan yang sangat penting di perkotaan Sydney," katanya.

Lebah juga menyebabkan kekacauan di rumah warga dan sekolah. Zoe Feder (7) mengatakan, dia sudah dua kali menemukan kawanan lebah yang bersarang di rumahnya dan sekolahnya.

Baca juga: Artefak Mesir Kuno Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Sydney

"Ada sarang besar dengan ribuan lebah di kotak surat kami. Ayah saya memukul mereka dengan tongkat, dan mereka terbang menjauh," ucapnya.

Tapi ternyata, kawanan lebah tidak terlalu jauh meninggalkan rumahnya.

Pada keesokan harinya di sekolah Zoe yang berada di seberang jalan rumahnya, dia kembali menemukan sarang lebah yang besar.

"Semua orang harus masuk ke dalam dan menutup pintu serta jendela," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com