Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koin 1 Sen Pertama AS akan Dilelang, Diperkirakan Bernilai Rp 15 Miliar

Kompas.com - 22/10/2018, 20:00 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BALTIMORE, KOMPAS.com - Sebuah uang koin satu sen AS produksi tahun 1792 akan dilelang pekan depan. Koin bersejarah tersebut diperkirakan bernilai hingga 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 15 miliar.

Uang koin tersebut dianggap bersejarah karena dibuat atas penugasan dari Thomas Jefferson, salah satu pendiri Amerika Serikat dan hanya dibuat beberapa keping sebagai contoh dan bahan pertimbangan oleh pemerintahan AS untuk diproduksi.

Menurut rumah lelang Stack's Bowers Galleries, koin tersebut termasuk salah satu yang pernah dipegang langsung oleh Jefferson dan George Washington.

"Ini adalah uang sen Amerika pertama yang pernah diproduksi dan mewakili sepotong sejarah numistatik yang sangat unik," kata Brian Kendrella, Kepala Stack's Bowers Galleries dalam pernyataannya, dilansir New York Post.

Baca juga: Surat Einstein tentang Tuhan Akan Dilelang Seharga Rp 22 Miliar

Ditambahkan Kendrella, koin tersebut menjadi satu-satunya dan akan menjadi sangat eksklusif untuk dikoleksi.

"Kolektor yang memiliki koin bersejarah ini akan mendapat kepuasan mengetahui bahwa itu sangat mungkin telah dipegang oleh bapak pendiri bangsa, menjadikannya bagian yang sangat istimewa dari sejarah Amerika," imbuhnya.

Koin satu sen tersebut dijadwalkan untuk dilelang di rumah lelang Stack’s Bowers Galleries di Whitman Expo, Baltimore pada 26 Oktober mendatang.

Koin sen tersebut adalah satu dari empat jenis yang diproduksi pada 1792 yang disebut dengan Judd-3 dan menjadi satu-satunya koin yang ada tanpa huruf di bagian tepinya.

Bisnis lelang koin langka telah menjadi semakin populer dan digemari dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2015, sekeping uang koin satu sen diberitakan telah terjual senilai hampir 1,2 juta dolar (sekitar Rp 18 miliar) dalam lelang.

Sebuah koin lima sen buatan 1913 bergambar kepala Liberty juga sempat dilelang oleh Stack’s Bowers Galleries dan terjual hingga 4,56 juta dolar (sekitar Rp 69 miliar). Koin tersebut hanya ada lima keping di dunia.

Baca juga: Koleksi Perhiasan Maria Antoinette Dipamerkan di Dubai Sebelum Dilelang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com