Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambang Batu Bara di China Runtuh, 20 Pekerja Terperangkap

Kompas.com - 21/10/2018, 20:16 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

YUNCHENG, KOMPAS.com - Dua orang penambang batu bara tewas dan 20 lainnya terperangkap, setelah sebuah penambangan di China runtuh, pada Sabtu (20/10/2018) malam.

Insiden tersebut terjadi di tambang batu bara Longyun di kawasan Yuncheng, Provinsi Shandong, sekitar pukul 23.00 malam waktu setempat.

Melansir dari SCMP, diberitakan Xinhua, insiden terjadi saat 334 penambang sedang bekerja di tambang batu bara tersebut.

Sebagian penambang dapat menyelamatkan diri, namun 22 orang terjebak setelah longsoran batu menutup jalan keluar dari terowongan drainase yang sedang mereka bangun.

Dua dari penambang yang terjebak kemudian dilaporkan tewas.

Baca juga: Pria di Australia Temukan Tambang Emas Senilai Rp 148 Miliar

Upaya penyelamatan dilakukan dengan melibatkan lebih dari 170 petugas penyelamat, termasuk pemadam kebakaran dan spesialis lainnya, yang tiba di lokasi tambang tak lama setelah insiden.

Laporan media lokal belum meliputi kondisi terkini dari para penambang yang terperangkap, termasuk keadaan kesehatan mereka.

Operasi penyelamatan dipimpin Huang Yuzhi, wakil menteri di Kementerian Manajemen Darurat.

Tim penyelamat telah diinstruksikan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin bukti sambil tetap mencari penambang yang terperangkap.

Bukti diperlukan dalam penyelidikan lanjutan guna mengetahui penyebab runtuhnya tambang.

Tambang batu bara yang runtuh tersebut sebelumnya dikelolah oleh penjara daerah sebelum kemudian diserahkan ke perusahaan pertambangan milik negara Longkou Mining Group yang berada di bawah Shangdong Energy Group pada 2016.

Tambang tersebut diperkirakan masih mengandung 375 juta ton batu bara dengan kapasitas produksi per tahun mencapai 2,4 juta ton.

Bangunan lama penjara dengan tembok-tembok tinggi yang mengelilingi masih dibiarkan berdiri meski pengelolaan telah berpindah.

Baca juga: Tambang Batubara di Pakistan Runtuh, 23 Pekerja Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com