Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Penerbangan Komersial Paling Singkat di Dunia, Hanya 90 Detik

Kompas.com - 21/10/2018, 18:31 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

EDINBURGH, KOMPAS.com - Sebuah maskapai penerbangan di Skotlandia, Loganair, mungkin memiliki penerbangan komersial paling singkat di dunia.

Dengan rute yang menghubungkan antara dua pulau di Kepulauan Orkney, di utara Skotlandia, penerbangan ini hanya berlangsung selama kurang dari lima menit di udara.

Penerbangan antara Pulau Westray dengan Pulau Papa Westray yang menempuh jarak sekitar 2,7 kilometer dapat dicapai hanya dalam waktu 90 detik atau 1,5 menit.

Harga tiket untuk penerbangan ini adalah mulai dari 17 poundsterling, atau sekitar Rp 330.000. Demikian dilansir dari New York Post.

Jika tidak ingin menggunakan pesawat, kedua pulau tersebut dapat ditempuh menggunakan kapal feri yang akan berlayar selama sekitar 25 menit.

Baca juga: Penerbangan Dialihkan, Kru Ryanair Bermalam di Lantai Bandara

Pulau Westray dan Pulau Papa Westray, dua pulau di Kepulauan Orkney, Skotlandia.GOOGLEMAP Pulau Westray dan Pulau Papa Westray, dua pulau di Kepulauan Orkney, Skotlandia.
Loganair, maskapai penerbangan regional di Skotlandia, didirikan pada 1962 dan berkantor di Bandar Udara Internasional Glasgow di Paisley, Renfrewshire, Skotlandia.

Maskapai ini melayani sejumlah rute penerbangan singkat antarpulau di Kepulauan Orkney.

Selain penerbangan antara Westray dan Papa Westray, juga terdapat rute yang tidak kalah singkat, yakni antara Pulau Eday dengan Pulau Kirkwall yang menempuh waktu terbang sekitar 10 menit.

Kedua penerbangan tersebut biasanya dilakukan berurutan menggunakan pesawat Britten Norman BN2B-26 Islander yang mampu membawa delapan penumpang.

Kedua rute penerbangan tersebut tentu hanya sekejap bila dibandingkan dengan penerbangan terlama di dunia yang baru saja kembali dibuka untuk komersial pekan lalu.

Ruter penerbangan Singapura-New York yang diterbangi maskapai Singapore Airlines ini memakan waktu hampir 18 jam dengan tiket dijual seharga 2.147 dolar AS atau sekitar Rp 32 juta.

Tak hanya Loganair milik Skotlandia, sejumlah maskapai lain juga memiliki penerbangan yang tergolong sangat singkat.

United Airlines memiliki rute penerbangan terpendek di Amerika yakni antara San Francisco menuju Santa Rosa, yang hanya memakan waktu terbang 16 menit.

Di Hawaii, wisatawan dapat merasakan terbang bersama Mokulele Airlines selama 15 menit untuk rute dari bandara Kalaupapa dengan Ho'olehua di Moloka'i. Tiket penerbangan ini sekitar 50 dolar AS (sekitar Rp 750.000).

Baca juga: Singapore Airlines Luncurkan Penerbangan Terpanjang di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com