Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Api Tabrak Kerumunan Pengunjung Festival di India, 50 Tewas

Kompas.com - 19/10/2018, 23:46 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP,NDTV

AMRITSAR, KOMPAS.com - Sedikitnya 50 orang dilaporkan tewas akibat tertabrak kereta saat mereka berkumpul di atas jalur kereta untuk menyaksikan kembang api dalam perayaan Festival Dussehra di India, Jumat (19/10/2018).

Kereta api tersebut menabrak kerumuman orang yang datang untuk menyaksikan puncak perayaan keagamaan Hindu tersebut.

Menurut keterangan saksi, warga tidak menyadari kedatangan kereta api yang melaju dengan kencang karena suasana sangat ramai dan banyaknya suara membuat kereta api yang mendekat tidak terdengar oleh warga.

"Ada banyak suara ketika kembang api dinyalakan dan tampaknya mereka tidak dapat mendengar suara kereta yang mendekat," kata seorang petugas polisi di lokas kejadian kepada AFP.

Baca juga: Kereta Api Penumpang Keluar Jalur di Maroko, Sedikitnya 6 Orang Tewas

Komisaris polisi Kota Amritsar, SS Srivastava mengatakan, dikhawatirkan jumlah korban tewas mencapai lebih dari 50 orang.

"Kemungkinan ada lebih dari 50 korban. Tapi prioritas kami sekarang adalah membawa mereka yang terluka ke rumah sakit," kata Srivastava.

Salah seorang saksi mengatakan kepada saluran televisi lokal bahwa suasana sangat kacau saat warga menyadari ada kereta yang mendekat dengan cepat.

"Semura orang berlarian dan tiba-tiba kereta lain datang dan menabrak kerumunan orang," kata saksi.

Menurut saksi mata, korban tewas termasuk anak-anak. Sementara kantor berita IANS melaporkan setidaknya ada sekitar 700 orang yang berkumpul di lokasi saat terjadinya insiden dan 60 orang telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

Kepala Menteri Punjab, Amarinder Singh telah memerintahkan agar segera dilakukan penyelidikan atas insiden tersebut.

Sementara Perdana Menteri Narendra Modi, yang telah mengetahui insiden yang terjadi menyampaikan bela sungkawa di akun Twitter-nya.

"Tragedi ini sangat menyayat hati. Saya menyampaikan bela sungkawa yang mendalam kepada keluarga korban tewas dan berdoa agar mereka yang terluka segera sembuh," tulis perdana menteri.

Baca juga: Gadis di India Nyaris Terjatuh dari Gerbong Kereta Api yang Sedang Melaju

Insiden kecelakaan yang melibatkan kereta api masih banyak terjadi di India dengan masih banyaknya perlintasan yang tak dijaga dan seringnya warga mengabaikan peringatan saat melewati perlintasan kereta api.

Berdasar laporan pemerintah pada 2012, hampir 15.000 orang meninggal akibat kereta api di India setiap tahunnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,NDTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com