Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Kanada Resmi Legalkan Ganja untuk Rekreasi

Kompas.com - 17/10/2018, 12:51 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

OTTAWA, KOMPAS.com - Kanada resmi melegalkan dan mengatur penjualan serta penggunaan ganja untuk tujuan rekreasional mulai Rabu (17/10/2018).

Kanada menjadi negara kedua di dunia yang melegalkan ganja setelah Uruguay.

Langkah legalisasi ganja tersebut mendapat sambutan positif dari para penggemar dan investor. Namun kekhawatiran juga muncul dari pakar kesehatan dan juga politisi yang cemas akan penyalahgunaan tanaman psikotropika itu.

Kendati demikian, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau tetap melanjutkan proses legalisasi ganja dengan alasan agar dapat mengatur penggunannya.

"Kami melegalkan ganja bukan karena kami pikir itu baik untuk kesehatan. Kami melakukan ini karena kami tahu itu tidak baik untuk anak-anak kita," kata Trudeau pada malam jelang pelegalan, Selasa (16/10/2018).

Baca juga: Penumpang Penerbangan di Kanada Akan Diizinkan Bawa Ganja ke Dalam Pesawat

"Kami tahun kita harus bekerja dengan lebih baik untuk melindungi anak-anak kita dan menghilangkan atau mengurangi secara besar-besaran keuntungan yang didapat kelompok penjahat," tambahnya dilansir dari AFP.

Legalisasi ganja itu juga sekaligus memenuhi janji kampanye Trudeau pada pemilu 2015 lalu.

Selanjutnya, pelaksanaan Undang-Undang Ganja akan diawasi dan dipelajari penerapannya oleh warga Kanada menjelang pemiu pada 2019, serta negara-negara lain yang mungkin akan mengikuti jika langkah tersebut terbukti berhasil.

Menurut regulasi baru tersebut, warga Kanada yang telah berusia 18 tahun akan diizinkan untuk membeli hingga 30 gram ganja. Selain itu setiap rumah tangga boleh menanam hingga empat pohon ganja.

Sedangkan untuk bentuk turunannya, seperti makanan yang memakai bahan ganja, baru akan dilegalkan tahun depan.

Sementara untuk memenuhi permintaan, ratusan petani ganja telah mendapatkan lisensi menanam tanaman tersebut dalam jumlah banyak, bahkan beberapa ada yang menggunakan rumah kaca.

Diperkirakan, penjualan ganja akan meningkarkan pertumbuhan ekonomi hingga 1,1 miliar dolar (sekitar Rp 16 triliun) dan memberikan pajak penghasilan kepada pemerintah hingga 400 juta dolar (sekitar Rp 6 triliun). Demikian menurut Statistik Kanada.

Baca juga: Perusahaan di Kanada Ini Buka Lowongan Kerja sebagai Tester Ganja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com