Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Hilangnya Jurnalis Arab Saudi, Trump Kirim Pompeo Temui Raja Salman

Kompas.com - 15/10/2018, 21:58 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan dirinya telah berbicara dengan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dan membahas kasus hilangnya jurnalis Jamal Khashoggi di Istanbul.

Dilansir dari AFP, Trump mengatakan jika Raja Salman telah mengaku kepada dirinya bahwa dirinya tidak tahu mengenai apa yang mungkin terjadi terhadap jurnalis Arab Saudi tersebut.

"Baru saja berbicara dengan Raja Salman yang menyangkal mengetahui apa yang mungkin terjadi pada 'warga Arab Saudi kami'," kata Trump dalam akun Twitter-nya, pada Senin (15/10/2018).

Trump menambahkan bahwa dirinya akan segera mengutus Menteri Luar Negeri Mike Pompeo untuk bertemu dengan raja Saudi.

Presiden Trump telah bertindak hati-hati dalam kasus hilangnya Khashoggi, yang terakhir kali terlihat saat memasuki kantor konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Baca juga: Trump Janjikan Hukuman jika Saudi Terbukti Bunuh Jurnalis yang Hilang

Namun presiden berusia 72 tahun itu sempat mengancam bakal menjatuhkan "hukuman berat" apabila terbukti jurnalis Saudi itu telah dibunuh dan jenazahnya dibuang.

Kendati demikian, Trump menegaskan bahwa dirinya tidak akan mengambil risiko yang dapat mengancam kesepakatan bernilai miliaran dolar dalam penjualan senjata ke Kerajaan Saudi, yang disebutnya sebagai sekutu strategis di Timur Tengah.

Sementara, para pejabat Saudi dikabarkan telah mengizinkan untuk dimulainya penyelidikan dan proses pencarian oleh tim penyelidik Turki untuk memasuki gedung konsulat di Istanbul pada Senin (15/10/2018).

Sumber diplomatik Turki mengatakan, diharapkan proses pencarian yang turut menggandeng pemerintah Saudi itu dapat dilakukan menjelang malam.

Sebelumnya, kepolisian Turki menyimpulkan bahwa jurnalis Saudi yang hilang telah dibunuh dan tubuhnya dimutilasi sebelum dibuang.

Klaim tersebut diperkuat dengan pengakuan adanya bukti rekaman suara yang menunjukkan saat-saat Khashoggi diinterogasi dan dibunuh.

Turki menuduh pelaku eksekusi adalah sekelompok pria warga Saudi yang datang dan berada di dalam konsulat di Istambul pada saat yang sama dengan Khashoggi.

Baca juga: Cari Jurnalis yang Hilang, Turki Akan Geledah Konsulat Arab Saudi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com