Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump: Menteri Pertahanan Jim Mattis Mungkin akan Mundur

Kompas.com - 14/10/2018, 22:16 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump menyampaikan kemungkinan akan ada lagi pejabat dalam jajaran kabinetnya yang akan segera mundur.

Pernyataan tersebut disampaikan Trump dalam sebuah wawancara televisi yang disiarkan pada Minggu (14/10/2018).

Trump mengatakan bahwa Menteri Pertahanan Jim Mattis "mungkin" akan segera mundur. Saat ditanya alasan Mattis mundur, Trump hanya menjawab jika dia "terlalu Demokrat".

"Bisa jadi itu dia. Saya pikir dia sedikit Demokrat, jika Anda ingin tahu yang sebenarnya," kata Trump, menurut kutipan yang dirilis oleh CBS.

Meski mengatakan hal tersebut, Trump menegaskan bahwa hubungannya dengan Mattis baik-baik saja.

Baca juga: Pendeta AS yang Dibebaskan Turki Bertemu Trump di Gedung Putih

"Jenderal Mattis adalah orang yang baik. Kami berteman dengan baik. Tapi dia mungkin akan pergi. Maksud saya, pada satu titik, pada akhirnya semua akan pergi," kata Trump dilansir AFP.

Trump juga menegaskan bahwa Mattis tidak pernah mengatakan kepadanya bahwa dia berencana untuk pergi dari kabinetnya.

Presiden berusia 72 tahun itu mengatakan terakhir bertemu dengan Mattis dalam sebuah pertemuan makan siang beberapa hari sebelumnya dan tidak ada pembicaraan tentang hal tersebut.

Pernyataan Trump terkait Mattis itu keluar setelah dia diminta pendapat mengenai perubahan terkini dalam jajaran kabinetnya, di mana sebelumnya Nikki Haley menyatakan mundur dari jabatan sebagai duta besar AS untuk PBB.

"Saya mengubah hal-hal yang ada di sekitar, dan saya berhak untuk itu. Saya sekarang memiliki orang-orang yang siaga dan itu akan menjadi luar biasa. Mereka akan bergabung dalam pemerintahan, mereka akan menjadi luar biasa," kata Trump.

Trump mengakui bahwa dirinya memiliki beberapa orang yang tidak disukainya berada bersamanya.

"Saya pikir kita memiliki kabinet yang hebat. Ada beberapa orang yang saya tidak senang dengannya. Saya memiliki beberapa orang yang saya tidak suka dengannya. Dan saya memiliki orang-orang lain yang sangat saya suka," ujarnya.

Jim Mattis, selama ini dipandang sebagai salah satu pejabat dalam kabinet Trump yang paling stabil, tetapi juga lebih independen. Dia telah bekerja sebagai penyeimbang yang rendah hati terhadap presiden yang dikenal sering kasar terhadap sekutu-sekutunya.

Baca juga: Nikki Haley Mundur dari Jabatan Duta Besar AS untuk PBB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com