Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanada Tambah Dana Bantuan untuk Pengungsi Palestina

Kompas.com - 14/10/2018, 20:31 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

OTTAWA, KOMPAS.com - Pemerintah Kanada menambah dana bantuan yang akan disumbangkan kepada Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) sebesar 50 juta dolar Kanada (sekitar Rp 582 miliar).

Pemberian tambahan dana bantuan tersebut akan dibagi dalam dua tahun. Pertama sebesar 40 juta Kanada (sekitar Rp 466 miliar) akan diberikan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dasar, kesehatan dan penghidupan bagi jutaan pengungsi Palestina.

"Sementara 10 juta dolar Kanada sisanya akan dipergunakan untuk menyediakan bantuan darurat bagi lebih dari 460.000 pengungsi Palestina di Suriah dan Lebanon," demikian disampaikan pemerintah Kanada dalam pernyataannya.

Baca juga: Israel Berencana Pindahkan Kantor UNRWA Keluar dari Yerusalem

Tambahan bantuan oleh pemerintah Kanada itu datang setelah AS, yang sebelumnya menjadi penyumbang terbesar bagi UNRWA, mengumumkan untuk menghentikan pemberian bantuan sebesar 350 juta dolar (Rp 5,3 triliun).

Penghentian dana bantuan dari AS tersebut telah menimbulkan kesulitan dalam operasional UNRWA, yang salah satunya berdampak pada pemangkasan jumlah staf badan PBB itu.

Sebelumnya pada 2016, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau juga telah membatalkan pemangkasan dana bantuan kepada Palestina yang dilakukan pemerintahan pendahulunya.

UNRWA yang didirikan pada 1950 bertujuan untuk memberi bantuan kepada pengungsi Palestina yang telah kehilangan tempat tinggal dan mata pencaharian mereka setelah terusir akibat Perang Timur Tengah pada 1948.

Badan PBB itu bekerja untuk memberi layanan bantuan berupa sekolah, pusat kesehatan, pendistribusian makanan bagi jutaan pengungsi Palestina yang kini tinggal di kamp-kamp penampungan di Palestina dan beberapa negara tetangga.

Namun AS dan Israel mengkritik UNRWA yang turut mengklasifikasikan keturunan pengungsi sebagai pihak yang berhak menerima bantuan sehingga beban yang ditanggung badan PBB itu semakin bertambah.

Saat ini dilaporkan terdapat 5 juta pengungsi yang dinyatakan layak menerima bantuan UNRWA, sementara AS dan Israel mendesak agar mengembalikan jumlah pengungsi kembali ke awal.

Baca juga: Pejabat Israel Sebut Tidak Ada Pengungsi Palestina di Yerusalem

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com