Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Oktoberfest, Inilah 5 Festival Unik di Dunia

Kompas.com - 12/10/2018, 16:48 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah festival biasanya diselenggarakan untuk memperingati suatu hal atau peristiwa. Karena penduduk dunia terdiri dari berbagai macam ras, suku dan budaya, tak heran jika ada beraneka macam festival di muka bumi.

Festival biasanya diadakan pada hari, bulan atau bahkan tahun tertentu.

Ada juga yang dilakukan secara rutin dari tahun ke tahun. Ini misalnya Oktoberfest di Munich, Jerman, yang selalu diadakan setiap 12 Oktober untuk memperingati pernikahan raja.

Kini Oktoberfest menjelma menjadi festival yang terkenal sebagai pesta rakyat yang banyak diadopsi oleh negara dari berbagai belahan dunia.

Selain Oktoberfest, terdapat beberapa festival unik yang ada di dunia, simak berikut

1. Up Helly Aa

Prajurit pengiring mengelilingi kapal nagashetland.org Prajurit pengiring mengelilingi kapal naga

Ini merupakan festival unik yang dilaksanakan di Skotlandia sebagai perayaan hari jadi negara itu. Awal pelaksanaannya dimulai pada 1880.

Pelaksanaan festival ini dilaksanakan pada awal tahun atau Januari. Pada malam Up Helly Aa Day, hampir 1.000 pria yang berpakaian kostum prajurit dalam kelompok mengelilingi kota sambil membawa simbol api, baik itu lilin atau obor.

Mereka juga mengarak kapal naga dengan gaya Viking keliling kota, disertai penerangan yang bersumber dari api obor. Para pengawal mengelilingi kapal naga dan meledakkan roket beserta peniupan terompet.

Para perempuan memainkan peran besar dalam festival ini, yaitu sebagai penggerak. Mereka mempersiapkan aula untuk pertemuan dan dan persiapan katering makanan untuk laki-laki yang bertugas sebagai prajurit.

2. Battle of Orange
Saling melempar jerukdailymail.co.uk Saling melempar jeruk

Bagi Anda yang suka memakan jeruk, pasti akan sangat menyayangkan sebuah festival yang dilakukan di Kota Ivrea, Italia, ini.

Setiap Februari diselenggarakan peperangan jeruk. Buah jeruk dijadikan senjata untuk dilemparkan ke musuh.

Tradisi ini untuk mengingat pemberontakan pada abad pertengahan ketika penduduk Kota Ivrea menggulingkan kekuasaan tiran.

Dilansir dari Britannica.com, ketika festival itu berlangsung, sebuah gerobak yang ditarik kuda membawa jeruk. Kemudian, seseorang yang mewakili pihak tiran menuju pusat kota yang telah dipenuhi oleh gerombolan orang berbaju oranye.

Kerumunan orang itu lantas melempari sosok tiran yang berada di atas kuda dengan jeruk secara bersama-sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com