Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Apollo 7, Misi Berawak Pertama AS yang Capai Orbit Bumi

Kompas.com - 11/10/2018, 10:49 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari ini 50 tahun yang lalu, tepatnya pada 11 Oktober 1968, Salah satu kelanjutan program "Apollo" berhasil meluncur ke luar angkasa.

Badan Antariksa Amerika Serikat, NASA, sukses meluncurkan Apollo 7 sebagai misi luar angkasa pertama AS yang berhasil mengorbit Bumi. Ini merupakan salah satu upaya program Apollo untuk menempatkan manusia ke bulan.

Apollo 7 merupakan misi pertama yang sukses menggunakan awak tiga orang dalam peluncurannnya. Adapun, awak yang meluncur pada misi ini adalah anggota "cadangan" awak Apollo 1 yang  tewas karena terbakar.

Pasca-peristiwa itu, NASA mulai mendesain ulang pesawat Apollo dengan meningkatkan pengamanan agar kondisi dari pesawat tak mudah terbakar.

Semua komponen diperbaiki dan diganti sesuai dengan kondisinya. Setelah saat itu, mulai dilakukan serangkaian tes untuk uji coba dari pesawat Apollo ini.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: NASA Resmi Beroperasi

Misi pertama
Roket Saturn IB dalam misi Apollo 7nasa.gov Roket Saturn IB dalam misi Apollo 7

Pesawat luar angkasa Apollo 7 telah sampai di Cape Kenedy dari pabriknya, North American Rockwell di Downey, California, pada Mei 1968. Insinyur melakukan pengecekan mengenai kondisi dari pesawat sebelum keberangkatan.

Beberapa bulan sebelum peluncuran, para awak yang terdiri dari Walter M Schira, Donn F Eisele, dan Walter Cunningham mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari pakaian antariksa, tes ketinggian dan penggunaan modul roket dan juga pelatihan pengendalian di luar angkasa.

Roket sebagai peluncur Saturn IB juga dipersiapkan, insinyur mendesain dan memperbaiki sistem yang ada agar tak terjadi kesalahan yang sama pada Apollo 6.

Apollo 7 diluncurkan melalui Cape Kennedy pada 11 Oktobrer 1968 pukul 11.02 pagi waktu setempat. Pesawat ini menempati komplek peluncuran 34.

Untuk misi kali ini adalah bisa bisa mencapai orbit bumi dan menampilkan siaran TV pertama melalui pesawat ruang angkasa.

Selama 10 menit 30 detik setelah peluncuran, Apollo 7 mencapai tahap pertama perjalanannya, jalur orbit 227 pada 285 kilometer di atas Bumi.

Baca juga: Bawa Tiga Astronaut, Pesawat Luar Angkasa Soyuz MS-07 Sukses Meluncur

Kembali ke Bumi

Setelah 11 hari berada di orbit Bumi, Apollo 7 harus kembali. Keberhasilan ini menjadi catatan sejarah karena sukses dan kali pertama menuju luar angkasa dengan tiga awak kru pada tahun itu.

Sebelumnya, cuaca berkabut dan hujan menyebabkan komunikasi antara awak kru dengan itu mengalami gangguan komunikasi dengan orang yang ada di Bumi. Akhirnya, mereka berhasil sampai mendaratkan diri ke laut.

Harian Kompas edisi 23 Oktober 1968 menjelaskan, Apollo 7 telah mendarat dengan selamat di lautan Atlantik. Mereka meluncur menuju bumi dengan menggunakan kapsul dengan posisi terbalik.

Kapal induk AS USS Essex dan tiga helikopter membantu awak astonot yang telah kembali ke bumi.

.

.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com