Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Kepercayaan Rakyat Rusia terhadap Putin Capai Titik Terendah sejak 2014

Kompas.com - 08/10/2018, 22:58 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Tingkat kepercayaan rakyat Rusia terhadap Presiden Vladimir Putin saat ini telah menurun hingga 39 persen. Angka itu disebut yang terendah sejak 2014.

Melansir dari AFP, laporan tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaga independen Levada Centre dan dirilis pada Senin (8/10/2018).

Lembaga tersebut mengatakan, kepercayaan terhadap Putin telah turun hingga sembilan persen poin sejak Juni dan total turun 20 persen poin sejak November 2017.

Sebanyak 13 persen warga Rusia mengatakan mereka tidak lagi percaya terhadap kepemimpinan Putin, menurut hasil poling yang diadakan antara 20 hingga 26 September lalu.

Penurunan tingkat kepercayaan tersebut diyakini turut berkaitan dengan kebijakan pemerintahan Putin yang menandatangani peningkatan usia pensiun secara bertahap menjadi 60 tahun untuk perempuan dan 65 tahun untuk laki-laki.

Baca juga: Survei: Dunia Lebih Percaya Xi Jinping atau Putin Ketimbang Trump

Peningkatan usia pensiun yang ditandatangani pekan lalu menjadi yang pertama kalinya dilakukan sejak 1930-an.

Sebagian besar warga Rusia menentang kebijakan tersebut, yang telah memicu digelarnya aksi turun ke jalan.

"Rakyat Rusia beranggapan pemerintah sedang berusaha menyelesaikan masalah-masalah mereka dengan dana publik. Dan negara tengah berusaha mengambil apa yang menjadi milik rakyat, yakni dana pensiun," kata Direktur Levada Centre, Lev Gudkov.

Gudkov mengatakan, ketegangan sosial telah terjadi sejak akhir tahun lalu karena berbagai faktor, termasuk penurunan pendapatan riil dan kenaikan harga.

Penurunan tingkat kepercayaan tidak hanya dialami oleh Putin namun juga para pejabat di pemerintahannya, seperti Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.

"Gaya kepemimpinan Putin adalah tidak bisa menyerahkan tanggung jawab kepada orang lain untuk keputusan yang tidak populer," kata analis politik Dmitry Orlov.

Menurut jajak pendapat yang dilakukan Levada, peringkat terendah Putin adalah pada Agustus 2013, di mana hanya 30 persen responden yang menganggapnya sebagai politisi yang bisa dipercaya.

Putin telah mengalami penurunan dukungan sejak krisis ekonomi yang terjadi di Rusia pada 2008 dan saat gelombang protes yang terjadi pada 2011 dan 2012.

Baca juga: Ulang Tahun Ke-66, Putin Pilih Berkumpul dengan Orang-orang Terdekat

.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com