Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Elijah Muhammad, Pemimpin Pergerakan Muslim Kulit Hitam AS

Kompas.com - 08/10/2018, 17:12 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KOMPAS.com - Elijah Muhammad adalah salah satu pemimpin pergerakan Muslim yang paling berkembang di AS.

Dia adalah pemimpin pergerakan Nation of Islam atau NOI dan sempat menjadi mentor bagi Malcolm X, Louis Farrakhan, hingga Muhammad Ali.

Terlahir dengan nama Elijah Robert Poole pada 7 Oktober 1897 di Sanderville, Georgia. Elijah adalah anak ketiga dari 13 bersaudara. Dia lahir di tengah keluarga sederhana, bahkan cenderung kekurangan.

Sang ayah, William Poole Sr adalah seorang pendeta dan petani penggarap sawah dengan dibantu istrinya Mariah Hall, yang juga ibu dari Elijah.

Elijah hanya sempat mengenyam pendidikan sekolah hingga kelas III, sebelum akhirnya memilih berhenti saat kelas IV sekolah dasar, untuk membantu orangtuanya bekerja di ladang.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Muhammad Ali, Sang Legenda Tinju Dunia

Elijah hidup pada masa di mana warga kulit hitam dipandang rendah dan banyak dijadikan budak.

Saat remaja, Elijah telah menyaksikan beberapa kali aksi pembunuhan kejam orang kulit hitam oleh sekelompok warga kulit putih.

Pada 1917, saat berusia 20 tahun, Elijah menikah dengan Clara Evans yang berusia 18 tahun dan dari pernikahan mereka lahirlah enam anak laki-laki dan dua anak perempuan.

Pada 1923, Elijah pindah ke Detroit, Michigan bersama keluarga besarnya demi mendapat kehidupan yang lebih baik.

Selama tinggal di Detroit, Elijah mulai ikut dan terlibat dalam berbagai pergerakan kaum kulit hitam. Hingga akhirnya pada Agustus 1931, dia bertemu dengan Wallace Fard Muhammad atau yang dikenal dengan Wallace D Fard.

Fard adalah pendiri kelompok pergerakan yang disebut Nation of Islam atau NOI. Melalui Fard, Elijah mulai berkenalan dengan agama Islam. Fard juga yang kemudian memberinya nama Muhammad.

Tak hanya Elijah, sejumlah anggota keluarganya juga bergabung dengan NOI, salah satunya sang adik, Kalot Muhammad yang kemudian ditunjuk menjadi pemimpin kelompok paramiliternya yang disebut Fruit of Islam (FOI).

Pada 1934, Wallace Fard menghilang dan Elijah menggantikannya memimpin pergerakan. Namun hal itu tidak diraihnya dengan mudah karena dia harus bersaing dengan sejumlah calon potensial lainnya, termasuk saudaranya sendiri.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Ruhollah Khomeini, Pemimpin Revolusi Iran

Pemimpin Nation of Islam

Setelah meraih kursi kepemimpinan NOI, perlawanan dari para pesaingnya tak berakhir, bahkan semakin sengit bahkan sampai pada ancaman pembunuhan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com