Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Narapidana yang Kabur dari Penjara China Akhirnya Ditangkap

Kompas.com - 07/10/2018, 17:17 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

BEIJING, KOMPAS.com - Dua narapidana yang melarikan diri dari penjara di China timur akhirnya dapat kembali ditangkap setelah digelar upaya pencarian besar-besaran dengan melibatkan sekitar seribu penduduk lokal.

Wang Lei (33) dan Zhang Guilin (39) ditemukan oleh drone sedang bersembunyi di area pinggiran di Kota Pingquan, Provinsi Hebei, pada Sabtu (6/10/2018) sore.

Keduanya, yang menjalani hukuman penjara seumur hidup, telah kabur dari Penjara Lingyuan di Provinsi Liaoning, pada Kamis (4/10/2018) lalu.

Mereka diduga dapat lolos dari penjagaan penjara setelah menggunakan kartu kunci dan mengenakan seragam penjaga yang telah dicuri sebelumnya.

Kasus kaburnya dua tahanan itu telah berdampak pada pemecatan kepala penjara. Demikian diberitakan The Beijing News, Minggu (7/10/2018).

Baca juga: Dua Narapidana Kabur, China Dilanda Kehebohan

Insiden tahanan yang melarikan diri dari penjara sangat jarang terjadi di China. Hal itu membuat kabar kaburnya dua narapidana itu menjadi perbincangan.

Polisi pada akhirnya meminta bantuan warga masyarakat untuk ikut mencari dan memberi informasi mengenai keberadaan kedua narapidana itu.

Mereka juga menawarkan uang hadiah sebesar 100.000 yuan (sekitar Rp 221 juta) untuk informasi yang berguna, serta hadian 200.000 yuan (sekitar 440 juta) bagi warga yang bisa menemukan kedua narapidana.

Polisi akhirnya mendapat informasi jika kedua tahanan telah melewati perbatasan provinsi pada Kamis (4/10/2018).

Kedua buronan juga terlihat berbelanja sejumlah makanan dan minuman di toko kelontong.

Setelah memeriksa rekaman kamera pengawas, polisi yang meyakini keberadaan kedua tahanan tidak jauh, langsung memobilisasi warga setempat.

"Seluruh desa dikerahkan untuk membantu proses pencarian karena kami mendengar jika kedua buronan terlibat dalam kasus kejahatan serius," kata salah seorag pejabat di Hebei, dilansir Thepaper.cn.

Setelah melakukan pencarian sepanjang malam, kedua buronan akhirnya dapat ditemukan pada Sabtu sore di desa Taitoushan.

Zhang lebih dulu tertangkap setelah sempat dikejar oleh warga yang memergokinya dan Wang menyusul ditangkap 20 menit kemudian.

Sebuah tas berisi makanan dan minuman yang diduga milik kedua narapidana ditemukan tak jauh dari lokasi penangkapan.

Halaman:
Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com