Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Norwegia Perpanjang Penahanan Warga Rusia yang Dituduh mata-mata

Kompas.com - 04/10/2018, 23:40 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

OSLO, KOMPAS.com - Pengadilan Norwegia pada Kamis (4/10/2018) telah memutuskan untuk memperpanjang masa penahanan seorang pria Rusia yang dituduh sebagai mata-mata.

Pria yang diidentifikasi sebagai Mikhail Bochkarev itu, dalam dokumen pengadilan, ditahan pada 21 September lalu di Bandara Oslo setelah dia menghadiri seminar antar-parlemen di Storting.

Melansir dari AFP, Badan Keamanan Polisi Norwegia (PST) menangkap Bochkarev menyusul laporan para saksi yang mengatakan bahwa tersangka telah bersikap aneh.

Pria berkewarganegaraan Rusia itu dituduh telah mengumpulkan informasi dari parlemen.

Tuduhan pemerintah Norwegia itu langsung dibantah Rusia yang menyebutnya tidak masuk akal. Moskwa juga telah memanggil duta besar Norwegia pada 24 September lalu untuk melancarkan protes.

Baca juga: Warganya Ditahan dan Dituduh Mata-mata, Rusia Panggil Dubes Norwegia

Media Norwegia, NTB, mengutip pernyataan Bochkarev yang mengatakan bahwa dirinya berada di acara seminar untuk membuat rekaman diskusi.

"Saya bersikap seperti yang saya lakukan di acara-acara serupa sebelumnya," kata dia saat dia mengajukan banding atas keputusan pengadilan.

Sebelumnya, pengacara Bochkarev, Hege Aakre mengatakan, kliennya menolak tuduhan yang disebutnya sebagai kesalahpahaman.

"Dia mengatakan tidak mengerti mengaopa dirinya dituduh melakukan hal itu (kegiatan intelijen) dan percaya bahwa itu adalah kesalahpahaman," ujarnya.

Sementara juru bicara PST, Martin Bernsen, mengatakan penyelidikan yang dilakukan pada tahap awal memunculkan kecurigaan atas dasar pengamatan dan perilaku tersangka.

Pengamat menilai, penahanan Bochkarev dilakukan sebagai upaya pemerintah Norwegia untuk melakukan tawar menawar terkait penahanan warga negaranya oleh Moskwa.

Pada April lalu, seorang pria Norwegia, Frode Berg ditahan di Rusia juga dengan tuduhan mata-mata.

Berg mengaku bekerja pada dinas intelijen Norwegia sebagai kurir beberapa kali, tetapi dia mengaku tidak tahu tentang barang yang dikirimkannya.

Pada Senin (1/10/2018) lalu, masa penahanan Berg telah diperpanjang menjadi hingga dua bulan sambil menunggu proses persidangan.

Baca juga: Menteri Norwegia Mengundurkan Diri demi Karier Medis Sang Istri

.

.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com