Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengaman Pengunjung Terlepas, Wahana Taman Hiburan di China Ditutup

Kompas.com - 04/10/2018, 19:35 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WANSHENG, KOMPAS.com - Sebuah atraksi taman hiburan di kawasan barat daya China ditutup pemerintah setempat dengan alasan keamanan.

Dlansir SCMP Rabu (3/10/2018), penutupan atraksi Taman Hiburan Wansheng Ordovician di Chongqing terjadi setelah tali pengaman salah satu pengunjungnya terlepas.

Dalam video yang beredar, pengunjung yang tak disebutkan identitasnya itu mencoba wahana jembatan yang dibangun di ketinggian sekitar 150 meter.

Baca juga: Wahana Taman Hiburan Jatuh, 1 Orang Tewas

Setelah pengaman dikenakan, si pengunjung berlari melompati satu per satu titian. Namun sesampainya di ujung, tali pengamannya tiba-tiba terlepas.

Pengunjung pria tersebut kaget dan tertawa pasca-mendapati talinya terlepas. Apalagi, tidak ada jaring pengaman di bawah jembatan tersebut.

Seorang staf biro propaganda di Wansheng menuturkan, pria itu merupakan seorang profesional yang disewa untuk menaikkan profil atraksi tersebut.

Namun, penjelasan biro propaganda nampaknya membuat marah netizen di China. Mereka berharap wahana itu ditutup jika aksi itu adalah bagian permainan marketing.

Sementara warganet lainnya tidak memercayai penjelasan biro propaganda. Mereka menuduh biro hanya berusaha menutupi fakta sebenarnya.

"Video itu sudah jelas. Tali pengaman pria itu terlepas. Pengelola jangan lari. Sebab tindakan itu membahayakan nyawa pria tersebut," ujar netizen lain.

Pemerintah setempat menyatakan, dari hasil investigasi diketahui staf atraksi jembatan itu tidak mengikatkan dengan benar tali pengaman pengunjung itu.

Mereka menuturkan bakal terus melanjutkan penyelidikan. Jika terbukti melanggar peraturan keselamatan publik, taman hiburan itu bisa didenda 10.000 yuan, atau Rp 22 juta.

Taman itu dinamai dari pegunungan karst yang terbentuk pada masa Ordovician di kawasan ekologi Wansheng, sekitar 465 sampai 600 juta tahun silam.

Sejumlah insiden juga terjadi di taman hiburan China. April, pria berusia 23 tahun tewas terlempar dari sebuah wahana Provinsi Henan.

Sebuah investigasi memberikan kesimpulan bahwa wahana itu mengalami kerusakan yang membuat sabuk pengaman korban tak terkunci dengan baik.

Sementara di Februari 2017, gadis remaja terbunuh di sebuah taman hiburan lain di Chongqing tatkala sabuk pengamannya terlepas.

Baca juga: Kebakaran di Taman Hiburan Terluas Jerman, 25.000 Orang Dievakuasi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com