Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Thailand Tutup Pantai "Leonardo DiCaprio"

Kompas.com - 04/10/2018, 17:42 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Perth Now

BANGKOK, KOMPAS.com - Pemerintah Thailand memutuskan untuk menutup Teluk Maya, yang terkenal setelah muncul dalam film The Beach yang dibintangi Leonardo DiCaprio.

Usai tampil dalam film produksi 2000 itu, pantai tersebut semakin ramai dikunjungi wisatawan yang justru menimbulkan kerusakan ekologis.

Pantai berpasir putih dengan air berwarna hijau kebiruan di Pulau Phi Phi Leh, wilayah barat daya Thailand ini selalu ditutup antara Juni hingga September.

Baca juga: Demi Terumbu Karang, Pantai Lokasi Film The Beach Tutup 4 Bulan

Namun, para pakar menilai dibutuhkan waktu lebih panjang agar terumbu karang dan garis pantai yang rusak bisa pulih kembali.

Kepala Taman Nasional Hat Noppharat Thara-Mu Ko Phi Phi, Woraphot Lomlim, Rabu (3/10/2018) mengatakan, teluk itu akan tetap ditutup hingga ekosistem tempat itu pulih kembali.

Penutupan itu efektif mulai Senin (1/10/2018) dan meliputi Teluk Loh Samah di sisi timur pulau yang berad di seberang Teluk Maya.

Woraphot menambahkan, pulau kecil Yung, yang berada di sebelah utara kepulauan Phi Phi, juga ditutup selama dua tahun akibat rusaknya lingkungan.

Pada 2006, Mahkamah Agung Thailand memerintahkan studio filam 20th Century Fox dan pihak-pihak terkait lainnya untuk membayar kompensasi akibat kerusakan Teluk Maya selama dalam proses pembuatan film The Beach.

Pulau Ko Phi Phi, terletak antara provinsi Krabbi dan Pulau Phuket, adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Thailand.

Baca juga: Pantai Ditutup demi Raja Saudi, Warga Kesal

Sehingga penutupan Teluk Maya menuai kritik dari industri pariwisata yang menyumbangkan 12 persen untuk penghasilan Thailand sepanjang tahun lalu.

Pada 2017, sebanyak 35,38 juta turis mengunjungi Thailand, naik sembilan persen dari tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com