Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hoaks dan Kebohongan yang Pernah Menggemparkan Dunia...

Kompas.com - 04/10/2018, 10:40 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com — Berkembangnya informasi melalui berbagai media belum tentu berisi kebenaran. Terkadang, media disalahgunakan oleh oknum tertentu untuk menyebarkan berita bohong.

Berita bohong atau hoaks dampaknya membuat seseorang tak mengetahui mana yang benar dan mana yang salah tanpa adanya klarifikasi. Hal terbaru, terkait pemberitaan mengenai aktivis Ratna Saraumpaet.

Beredar kabar di jejaring sosial beserta foto dari wajah Ratna yang memar. Foto itu disertai narasi bahwa Ratna dikeroyok atau dianiaya di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, pada 21 September 2018.

Namun, setelah adanya "klarifikasi", Ratna mengatakan bahwa pada tanggal tersebut dia mendatangi salah satu rumah sakit bedah di Jakarta untuk melakukan operasi wajah.

Tak hanya itu saja, sejumlah berita hoaks juga pernah ada di berbagai belahan dunia, baik itu disengaja atau untuk kepentingan tertentu. Berikut ulasannya :

1. Menghilangnya Agatha Christie

Agatha Christie merupakan penulis asal Inggris yang banyak menuliskan novel tentang detektif dan drama kriminal. Selama kariernya, Agatha Christie telah menghasilkan hingga 66 judul novel detektif dan 14 judul lainnya.

Dia tercatat sebagai salah satu penulis novel paling laris sepanjang masa dengan penjualan hingga 2 miliar kopi di seluruh dunia. Novel karyanya bahkan telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 100 bahasa.

Pemilik nama asli Agatha Mary Clarissa Miller ini lahir pada 15 September 1890 di Torquay, Devon, Inggris. Agatha berasal dari keluarga kalangan menengah ke atas dan cukup terpandang. Dia memiliki seorang kakak perempuan dan seorang kakak laki-laki.

Meski telah menjadi salah satu penulis novel terkenal dan menjadi kebanggaan bangsa Inggris, kisah kehidupan Agatha Christie tidak selalu berjalan lancar.

Pada 1926, ibundanya, Clara, meninggal dunia. Tak lama berselang, suaminya, Archibald Christie, mengajukan gugatan cerai dan telah memiliki wanita lain yang ingin dinikahinya.

Pada Desember tahun yang sama, Agatha dikabarkan pergi dari rumahnya dengan hanya meninggalkan secarik pesan kepada sekretarisnya bahwa dia pergi.

Selama lebih dari sepekan, dilansir dari Telegraph, keberadaan Agatha tidak diketahui publik. Media pun menulis kisah itu dengan judul yang bombastis, "Agatha Christie Hilang".

Upaya pencarian pun dilakukan oleh pihak kepolisian bersama dengan relawan. Sebuah surat kabar bahkan memasang hadiah bagi siapa pun yang dapat memberikan informasi keberadaan pencipta karakter Miss Marple dan Hercule Poirot itu.

Banyak kabar miring yang berembus mengenai dirinya. Apalagi, Agatha Christie menghilang dengan meninggalkan mobil yang ditinggalkan, serta mantel bulu dan SIM yang ditinggal di dalam mobil.

Suami Agatha Christie, Archibald, kemudian diperiksa polisi. Hubungan asmara Archibald dengan Agatha memang sedang bermasalah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com