Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koalisi Arab: Kelompok Houthi Sudah Tembakkan 200 Rudal ke Saudi

Kompas.com - 03/10/2018, 20:31 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

RIYADH, KOMPAS.com - Koalisi Arab, yang mendukung legitimasi di Yaman, mengumumkan bahwa kelompok Houthi telah menembakkan hingga 200 roket ke wilayah Kerajaan Saudi.

Pernyataan tersebut datang dari juru bicara pasukan koalisi Arab, Kolonel Turki al-Maliki, dalam konferensi pers pada Senin (1/10/2018).

Dalam konferensi pers tersebut, al-Maliki menyampaikan perkembangan terakhir dalam pengerahan operasi militer koalisi ke wilayah Yaman dan Arab Saudi.

"Kelompok milisi Houthi di Yaman, sampai dengan saat ini telah menembakkan hingga 200 rudal balistiknya dan menargetkan wilayah Kerajaan Saudi," kata al-Maliki, dilansir Middle East Monitor, Rabu (3/10/2018).

Baca juga: UEA Bantah Klaim Serangan Drone Kelompok Houthi di Bandara Dubai

Dia menambahkan, milisi Houthi telah menjadi ancaman yang serius bagi navigasi maritim di kawasan tersebut dan karenanya perlu dilakukan tindakan tegas dan keras terhadap pelanggaran yang ada.

Meski demikian, al-Maliki tidak menyampaikan secara rinci bentuk tindakan tegas yang dimaksud.

Dari serangan yang dilancarkan Houthi ke wilayah Saudi itu, setidaknya 112 warga sipil dan penduduk telah menjadi korban tewas.

"Sementara ratusan warga sipil lainnya mengalami luka-luka sejak dilancarkannya kudeta oleh Houthi di Yaman," kata al-Maliki mengacu pada data statistik yang dimiliki koalisi.

Sejak dimulainya peperangan di kawasan tersebut pada Maret 2015, kelompok Houthi disebut telah melakukan pemboman ke wilayah Saudi menggunakan rudal balistik jarak menengah dan jauh.

Sebagian besar serangan tersebut telah dapat ditangkal oleh sistem pertahanan udara yang dimiliki oleh kerajaan sehingga mampu menekan jumlah korban maupun kerusakan yang ditimbulkan.

Selama hampir empat tahun, di Yaman telah terjadi konflik peperangan antara pasukan pemerintah yang setia kepada Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi dan didukung oleh koalisi Arab, dengan kelompok pemberontak Houthi yang menguasai sebagian besar wilayah provinsi.

Baca juga: Pemberontak Houthi Siap Bertemu PBB asal Syarat yang Diajukan Terpenuhi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com