Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkata Rasial kepada Kru Penerbangan, Penumpang Pesawat Diturunkan

Kompas.com - 02/10/2018, 20:51 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

CHICAGO, KOMPAS.com - Seorang perempuan calon penumpang pesawat Southwest Airlines diturunkan setelah mengucapkan kata-kata rasial kepada kru penerbangan.

Insiden itu terjadi pada penerbangan dari Chicago, Illinois, yang akan menuju Houston, Texas, pada Sabtu (29/9/2018) pagi.

Menurut salah seorang saksi, calon penumpang itu marah setelah seorang pramugari memintanya untuk melipat meja nampan karena pesawat akan lepas landas.

Namun perempuan itu menolak permintaan dari pramugari dan mulai emosi. Dia lantas mengeluarkan kata-kata rasial kepada pramugari.

Akibat insiden tersebut, penerbangan tertunda hampir selama satu jam hingga perempuan itu dikeluarkan dari dalam pesawat.

Baca juga: Gara-gara Insiden Rasial, Starbucks Tutup 8.000 Gerai Sehari untuk Pelatihan

Kejadian itu sempat direkam menggunakan kamera ponsel oleh para calon penumpang lainnya. Dalam rekaman, tampak perempuan itu terus berkata kasar dan marah saat digiring keluar dari pesawat.

Perempuan itu segera ditahan oleh petugas keamanan bandara di gerbang masuk penumpang.

Dikonfirmasi oleh Fox News, maskapai Southwest Airlines membenarkan insiden yang terjadi.

Dalam pernyataan resminya, pihak maskapai menyebut seorang perempuan calon penumpang diturunkan karena menolak mematuhi petunjuk dari kru penerbangan.

"Pada penerbangan #5583 dari Chicago Midway menuju Houston Hobby pada Sabtu pagi, laporan kami menunjukkan bahwa seorang penumpang telah menolak mematuhi petunjuk dari kru penerbangan kami setelah naik ke dalam pesawat dan sebelum lepas landas."

"Penumpang tersebut menjadi sulit dikendalikan dan berkata kasar kepada kru penerbangan kami. Keputusan dibuat untuk kembali ke gerbang dan menurunkan penumpang, di mana dia bertemu dengan petugas keamanan."

"Staf kami telah menangani situasi secara profesional dengan penuh hormat dan berkelas. Kami tidak membenarkan atau menoleransi perilaku yang tak pantas di atas pesawat kami."

"Setelah penumpang tersebut diturunkan dari pesawat, penerbangan dapat dilanjutkan dengan tujuan ke Houston Hobby, dan tiba sekitar satu jam lebih lambat dari jadwal semula," tulis pernyataan maskapai, Selasa (2/10/2018).

Melansir dari New York Post, perempuan calon penumpang tidak dijatuhi tuntutan apa pun setelah insiden itu.

Baca juga: Tulisan di Sweater Bocah Kulit Hitam Disebut Rasial, H&M Minta Maaf

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com