Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Obat Batuk Saat Rapat, Politisi Ini Diusir

Kompas.com - 02/10/2018, 15:09 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

KUMAMOTO, KOMPAS.com - Seorang politisi perempuan di Kumamoto, Jepang, diusir ketika berlangsung rapat pada Jumat pekan lalu (28/9/2018).

Politisi bernama Yuka Ogata itu diusir setelah makan permen obat batuk, dan kemudian berbicara dengan permen itu masih berada di mulutnya.

Kepada Japan Times via Newsweek Senin (1/10/2018), Ogata mengaku dirinya tak enak badan sehingga memutuskan makan obat itu agar anggota dewan lain tak terganggu dengan suara batuk.

Baca juga: Politisi Perempuan Jepang Bawa Anaknya Saat Sidang Dewan Kota

"Sangat disayangkan bahwa saya harus dipaksa keluar ruangan tanpa mendapat kesempatan untuk menjelaskan kondisi saya," keluh dia.

Karena peristiwa itu, anggota dewan memutuskan untuk menunda rapat selama delapan jam meski dilaporkan tak ada larangan untuk makan dan minum di ruang rapat.

Wali Kota Kumamoto Kazufumi Onishi berkata, Ogata telah melanggar aturan yang berfungsi melindungi integritas dewan kota.

"Sangat mengecewakan orang dewasa sepertinya bisa berbicara dengan mulut masih berisi obat batuk. Ogata harus mengakui kesalahannya," terang Onishi.

Mendapat tudingan demikisn, Ogata menjelaskan publik telah salah mengerti memaknai masalah yang menimpa dirinya disebabkan perilakunya.

Menurut dia, masalah utamanya terletak pada perseteruannya dengan anggota dewan lain, terutama sosok yang lebih senior.

"Saya berusaha agar dewan kota ini menjadi tempat yang lebih ramah bagi masyarakat yang lain jika berniat mengajukan keluhan," tegas Ogata.

Pada November 2017, dia juga sempat menuai kritikan dan membuat sidang terlambat 40 menit karena membawa anaknya ke ruangan.

Saat itu, meski tak ada peraturan membawa anak, sejumlah anggota dewan menyebut anak Ogata bisa dikategorikan sebagai pengunjung.

"Saya menginginkan dewan ini menjadi tempat yang lebih ramah bagi perempuan yang mengejar karir, namun juga tak melupakan tugasnya sebagai ibu," tegas dia saat itu.

Baca juga: Tak Sengaja Telan Peluit, Batuk Bocah Ini Terdengar Aneh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com