Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahathir Ungkap Selalu Bawa Buku Catatan Kecil

Kompas.com - 02/10/2018, 11:48 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menuturkan dia selalu membawa buku saku kecil ke manapun dia pergi.

Kepada awak media saat berkunjung ke Inggris, Mahathir berujar dia selalu mencatat kebijakan yang bakal dia sampaikan kepada kabinetnya.

Baca juga: Jadi Pemimpin Tertua di Dunia, Mahathir Berkelakar soal Usia Pensiun

"Saya segera mencatat setiap kali muncul di kepala. Jika tidak melakukannya, maka Anda bakal lupa," ujar dia dikutip Bernama via The Star selasa (2/10/2018).

PM yang pernah berkuasa di periode 1981-2003 itu melanjutkan, dia bakal membacakan catatan yang dibuatnya saat pertemuan kabinet.

Dia menjelaskan sebagai PM, dia harus bertanggung jawab sepenuhnya. "Karena itu, saya bakal memberitahu menteri apa saja yang harus mereka lakukan," terang dia.

Keberadaan buku catatan itu diakui Menteri Perdagangan Domestik dan Konsumsi Saifuddin Nasution Ismail membuat pikiran Mahathir tetap tajam.

Selama rapat yang berlangsung 60-90 menit, Mahathir bakal melihat catatan, dan membacakan apa saja pengamatannya setiap berkunjung ke berbagai pelosok Malaysia.

Dia mencontohkan momen ketika Mahathir mengendarai mobil menuju Jembatan Putrajaya, dan melihat ada lampu jalan yang tidak berfungsi.

Selain itu, dia juga melihat ada kotak sampah yang sudah penuh namun tidak segera diangkut. Maupun kotoran di danau Putrajaya.

"Setelah membaca catatan, beliau mendongak dan bertanya 'Siapa menteri yang bertanggung jawab?'," ujar Saifuddin kepada Free Malaysia Today.

Semua menteri bakal langsung memperhatikan Menteri Teritori Federal. "Bapak Perdana Menteri sangat memperhatikan hal-hal kecil," kelakar dia.

Baca juga: Mahathir Berniat Kurangi Utang Malaysia Rp 3.500 Triliun dalam 2 Tahun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com