Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awak Mogok Kerja, Ryanair Batalkan 250 Penerbangan di Seluruh Eropa

Kompas.com - 28/09/2018, 15:55 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber BBC,Sky News

DUBLIN, KOMPAS.com - Jumlah pembatalan jadwal penerbangan maskapai Ryanair di Eropa bertambah menjadi 250 penerbangan, menyusul digelarnya aksi mogok massal awak kru pada Jumat (28/9/2018).

Sebelumnya, kru kabin Ryanair di Belgia, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, dan Spanyol menyatakan akan menggelar aksi mogok kerja dengan penerbangan yang batal mencapai 190 jadwal.

Sky News mencatat, jumlah tersebut kemudian dapat ditekan menjadi 150 penerbangan yang dibatalkan. Namun, bertambah seiring bergabungnya pilot Ryanair di Jerman dalam aksi itu sehingga membatalkan 100 penerbangan.

Baca juga: Penumpang Terlambat Kejar Pesawat Ryanair yang Hendak Lepas Landas

"Sangat mengecewakan karena penumpang kami di Jerman besok akan terganggu oleh pembatalan penerbangan akibat mogok kerja yang tidak semestinya," kata Direktur Operasional Ryanair Peter Bellew.

BBC mewartakan, serikat pekerja menuntut kesepakatan kontrak sesuai dengan negara masing-masing kru, bukan berdasarkan peraturan di Irlandia.

Sebagai informasi, Ryanair merupakan maskapai penerbangan yang berbasis di Irlandia.

CEO perusahaan tersebut, Michael O'Leary, mengaku telah menuliskan kepada serikat pekerja untuk menawarkan pergantian kontrak sesuai dengan negara para karyawan.

Harga saham Ryanair mengalami penurunan lebih dari 20 persen pada tahun ini karena berbagai aksi mogok massal yang dilakukan.

Sementara, pesaing utama Ryanair di penerbangan berbiaya rendah, easyJet, meraup keuntungan. Penumpang Ryanair yang menghadapi pembatalan jadwal penerbangan berbondong-bondong membeli tiket easyJet.

Baca juga: Karyawan Ryanair Mogok Massal, 190 Penerbangan di Eropa Dibatalkan

Bulan lalu, pilot Ryanair di seluruh Eropa menggelar aksi mogok selama 24 jam menuntut peningkatan gaji dan kondisi yang lebih baik.

Akibatnya, puluhan ribu penumpang menghadapi kekacauan transportasi pada puncak libuan musim panas.

Pada Juli 2018, aksi mogok awak kokpit dan kabin juga menggau 600 jadwal penerbangan di Belgia, Irlandia, Italia, Portugal, dan Spanyol. Setidaknya, 100.000 penumpang terdampak oleh hal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com