Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Rusia Dapat Rudal yang Bisa Hantam Musuh dari Jarak 300 Km

Kompas.com - 27/09/2018, 14:35 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.comJet tempur Sukhoi Su-57 Rusia dilaporkan Bakal mendapat rudal anti-pesawat hipersonik yang bisa menghantam target bernilai tinggi.

Diwartakan Russian Today, Rabu (26/9/2018), rudal R-37M merupakan pengembangan dari varian R-37 dengan kecepatan hingga Mach 6.

Baca juga: Bakal Kirim Sistem Rudal S-300, Putin Telepon Assad

Sejumlah sumber menyatakan rudal dengan panjang 4,2 meter itu bisa menghantam target yang berjarak 300 kilometer. Bahkan ada yang mengklaim 400 kilometer.

Dengan kecepatan dan dilengkapi sistem penjelajah, R-37M tidak saja mampu menyerang pesawat komando (AWACS), tetapi juga target lincah seperti jet tempur.

KTRV, induk perusahaan NPO Vympel selaku pengembang R-37, menyatakan, R-37M bakal mendapat tambahan sistem pemandu baru, dan dikurangi bobotnya agar muat di pesawat kecil.

Su-57, jet tempur generasi kelima Rusia, bakal mendapat kehormatan menembakkan misil itu, seperti dikatakan Direktur KTRV Boris Obnosov kepada Interfax.

Progres pengembangan R-37M memunculkan pertanyaan akan masa depan rudal jarak jauh yang digadang-gadang juga bakal ditempatkan di Su-57.

Rudal bernama KS-172 itu dikembangkan NPO Novator, bagian dari perusahaan Almaz-Antey, dan dikabarkan bisa mencapai jarak lebih dari 400 kilometer.

Russian Today melaporkan, pengembangan yang dilakukan Rusia bakal memaksa Amerika Serikat (AS) mencari strategi lain agar tetap superior di udara.

Angkatan Udara AS memiliki sejumlah rudal jarak jauh air-to-air, seperti AIM-54 Phoenix yang dipensiunkan di 2004 bersama jet tempur F-14 Tomcat.

Kemudian AIM-120 AMRAAM, rudal air-to-air melampaui jarak pandang (BVR) yang bergabung sejak September 1991 dengan variannya AIM-120D.

Namun, dibanding R-37M, rudal AIM-120 AMRAAM dilaporkan mempunyai jarak tempuh lebih pendek, sekitar 160 kilometer.

Baca juga: Rusia Sukses Uji Coba Rudal Pencegat dengan Akurasi Tinggi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com