Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Direkrut Jadi Tentara, 500.000 Anak-anak Libya Terancam Bahaya

Kompas.com - 26/09/2018, 17:59 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TRIPOLI, KOMPAS.com - Hingga setengah juta anak-anak di Libya kini berada dalam ancaman bahaya langsung karena terlibat langsung dalam pertempuran.

Disampaikan Kementerian Kesehatan Libya, bentrokan yang terjadi antara kelompok milisi di ibu kota Tripoli yang terjadi sejak akhir Agustus lalu, telah menewaskan hingga setidaknya 115 orang dan melukai hampir 400 orang.

Sementara menurut Badan Pendanaan Anak-anak PBB, UNICEF, pada Senin (24/9/2018), lebih dari 1.200 keluarga telah dipaksa mengungsi dalam 48 jam terakhir akibat bentrokan yang meningkat di Tripoli selatan.

Jumlah tersebut membawa total penduduk yang kini telantar akibat bentrokan antarkelompok milisi telah mencapai lebih dari 25.000 orang, dengan separuhnya masih berusia anak-anak.

Baca juga: Milisi Libya Jual Seorang Anggota ISIS Buronan Inggris Rp 15 Miliar

"Lebih banyak anak-anak dilaporkan telah direkrut untuk bertempur, menempatkan mereka dalam bahaya langsung. Setidaknya sudah ada satu anak yang terbunuh akibat perekrutan ini," kata direktur UNICEF untuk Timur Tengah dan Afrika Utara, Geert Cappelaere.

UNICEF turut menyebut semakin banyaknya sekolah yang digunakan sebagai tempat perlindungan bagi keluarga yang mengungsi. Kondisi ini menyebabkan dimulainya tahun ajaran baru kemungkinan akan tertunda.

Bentrokan antarkelompok milisi di Libya juga telah membawa penduduk kepada keterbatasan pangan, listrik dan air. Situasi tersebut semakin memperburuk nasib para migran.

"Ratusan pengungsi dan migran yang ditahan, termasuk anak-anak, terpaksa pindah akibat kekerasan. Sementara lainnya menjadi terdampar di tengah kondisi memprihatinkan," tambah Cappelaere, dilansir AFP.

PBB telah berupaya mengatasi situasi konflik dengan menengahi diberlakukannya gencatan senjata pada 4 September lalu, namun konflik kembali pecah di distrik-distrik selatan ibu kota.

Bentrokan yang terjadi di Tripoli adalah antara kelompok milisi bersenjata dari Tarhuna dan Misrata dengan milisi di Tripoli, yang dikendalikan oleh pemerintah persatuan yang didukung PBB.

Sebagai ibu kota, Tripoli telah menjadi pusat perebutan pengaruh dan kekuasaan antara kelompok bersenjata sejak digulingkannya diktator Moamer Kadhafi pada 2011.

Pemerintah persatuan negara telah berjuang untuk menggunakan kendalinya dalam menghadapi banyak milisi maupun pemerintahan lawan yang berbasis di Libya timur.

Baca juga: Kerusuhan di Libya, 400 Tahanan Melarikan Diri dari Penjara

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com