Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warganya Ditahan dan Dituduh Mata-mata, Rusia Panggil Dubes Norwegia

Kompas.com - 25/09/2018, 21:22 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Badan intelijen Norwegia, PST, telah menahan seorang pria warga Rusia yang dituduh menjadi mata-mata.

Pria berusia 51 tahun itu ditahan pada Jumat (21/9/2018) di bandara Oslo dan diperintahkan untuk ditahan selama dua pekan.

Dia ditahan karena dicurigai melakukan kegiatan intelijen ilegal selama seminar antar-parlemen di Storting, yang dihadiri perwakilan dari 34 negara dan membahas soal digitalisasi.

Pengacara pria Rusia yang ditahan, Hege Aakre mengatakan, kliennya menolak tuduhan yang disebutnya sebagai kesalahpahaman.

"Dia mengatakan tidak mengerti mengaoa dirinya dituduh melakukan hal itu (kegiatan intelijen) dan percaya bahwa itu adalah kesalahpahaman," ujarnya dilansir AFP.

Baca juga: Putin: Dua Tersangka Mata-mata yang Dicari Inggris adalah Warga Sipil

Disampaikan juru bicara PST, Martin Bernsen, penyelidikan yang dilakukan pada tahap awal memunculkan kecurigaan atas dasar pengamatan dan perilaku tersangka.

Menanggapi penahanan salah seorang warganya, Moskwa pada Senin (24/9/2018) telah memanggil duta besar Norwegia.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan akan meminta penjelasan dari Dubes Norwegia atas tuduhan yang mereka sebut tidak masuk.

Kementerian telah mengidentifikasi pria yang ditahan di Norwegia sebagai MA Bochkaryov. Dia diketahui bekerja sebagai staf pembantu di majelis tinggi parlemen Rusia.

Atas tuduhan mata-mata yang dijatuhkan Norwegia kepada salah seorang warga negaranya, Moskwa berjanji akan melakukan tindakan balasan.

"Tidak diragukan bahwa langkah seperti itu tidak akan berlalu tanpa konsekuensi," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam pernyataannya, Senin (24/9/2018).

Sebelumnya pada Minggu, Duta Besar Rusia untuk Norwegia, Teimuraz Ramishvili turut mengkritik penahanan itu dan menyebut tuduhan yang diberikan didasarkan pada bukti konyol.

Sementara media lokal Rusia berspekulasi, jika terbukti bersalah, maka Norwegia akan dapat menggunakan kasus ini sebagai bahan negosiasi pertukaran dengan Moskwa, yang pada bulan April telah menahan seorang warga Norwegia dengan tuduhan serupa.

Baca juga: Begini Cara Dua Mata-mata Rusia Racuni Skripal dengan Novichok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com