Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paduan Suara Asal Manado dan Semarang Gondol Gelar di Italia

Kompas.com - 25/09/2018, 19:22 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

RIMINI, KOMPAS.com - Dua kelompok paduan suara asal Indonesia meraih prestasi membanggakan dalam The Rimini International Choral Competition 2018 yang diselenggarakan pada 20-23 September 2018 di Rimini, Italia.

Kedua kelompok paduan suara itu adalah Paduan Suara Gema Sangkakala Female Choir dari Manado, Sulawesi Utara, dan Karangturi Choir dari Semarang, Jawa Tengah.

Kedua kelompok paduan suara itu masuk ke babak Grand Prix untuk barsaing dengan enam tim lainnya dari berbagai negara, pada Minggu 23 September 2018 malam waktu Italia.

Paduan Suara Gema Sangkakala Female Choir dari Manado DOKUMENTASI KBRI ROMA Paduan Suara Gema Sangkakala Female Choir dari Manado
Hasilnya, Gema Sangkakala Female Choir yang dipandu konduktor Roland David Enoch menjadi pemenang kategori "Equal Voices Choir Gold".

Baca juga: Paduan Suara Asal Manado Jadi Juara di Italia

Selain itu, mereka juga meraih Gold Diploma untuk nomor Sacred Music.

Sementara itu, Karangturi Choir dengan konduktor Petrus Wahyu menggondol Gold Diploma kategori Children and Youth Choirs.

Tak hanya itu, PS Karangturi pun mendapat Silver Diploma pada nomor Folk, Gospel and Spiritual.

Lagu-lagu seperti, “Karaben Sapi”, “Gundul-gundul Pacul”, dan “Yamko Rambe Yamko” dibawakan dengan menarik.

Tak lupa, kostum khas yang diadaptasi dari busana Nusantara juga mereka kenakan dalam penampilan ini.

Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani, menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas prestasi kedua Paduan Suara tersebut.

“Prestasi dalam berbagai kompetisi internasional seperti ini juga menjadi diplomasi seni budaya yang dapat semakin mempererat interaksi masyarakat setempat dengan Indonesia.”

Baca juga: Paduan Suara Indonesia The Resonanz Childrens Choir Juara Lagi di Eropa

Begitu pernyataan Duta Besar Esti Andayani yang dikutip Kompas.com dari siaran pers yang diterima Selasa (25/9/2018).

Kompetisi The Rimini International Choral Competition merupakan salah satu ajang paduan suara bergengsi dengan skala internasional yang diselenggarakan setiap tahun.

Tahun ini, selain Gema Sangkakala Female Choir dan Karangturi Choir dari Indonesia, ada peserta dari Perancis, Polandia, Romania, Italia, Denmark, Slovenia, serta Republik Ceko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com