Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau ke Toilet, Pria Ini Coba Buka Pintu Pesawat di Tengah Penerbangan

Kompas.com - 25/09/2018, 14:20 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Banyak peristiwa unik dialami mereka yang baru pertama kali naik pesawat terbang termasuk seorang pria asal Patna, negara bagian Bihar, India.

Pria berusia 20-an ini memicu kepanikan di udara dalam penerbangan maskapai GoAir dari New Delhi menuju ke Patna pada akhir pekan lalu.

Pria ini mencoba membuka pintu pesawat yang disangkanya adalah pintu toilet.

Awalnya sejumlah penumpang melihat pria yang tak disebutkan identitasnya itu berdiri dari kursinya dan menuju ke bagian belakang pesawat.

Baca juga: Bayinya Kepanasan, Seorang Ibu Paksa Buka Pintu Pesawat

Dia kemudian terlilhat mencoba membuka pintu pesawat dengan nomor penerbangan G8 149 itu yang langsung memicu kepanikan penumpang.

Para penumpang yang panik berteriak dan mencoba menghentikannya. Keributan itu membuat kru kabin datang dan setelah melewati pergumulan berhasil mengamankan pria itu.

Setelah bisa diamankan, pria itu kemudian dikembalikan ke kursinya dan diawasi ketat di sisa penerbangan.

Setibanya di Patna, kru kabin menyerahkan pria tersebut kepada Aparat Keamanan Industrial Pusat (CISF) yang kemudian menyerahkannya kepada polisi.

"Pemuda itu diidentifikasi sebagai warga Kankarbagh. Dia bekerja di sebuah bank swasta di Rajashtan dan terbang menggunakan GoAir pada Sabtu malam," kata perwira kepolisian bandara Patna, Mohammad Sanowar Khan, Senin (24/9/2018).

"Insiden itu terjadi antara pukul 19.00-20.00 waktu setempat. Dia baru pertama kali naik pesawat dan insiden itu disebabkan kebingungannya," tambah Sanowar Khan.

Sanowar Khan menambahkan, penumpang lain sempat menanyakan mengapa dia mencoba membuka pintu pesawat.

"Dia menjawab harus segera ke toilet dan terus mencoba membuka pintu pesawat. Kepada kami dia mengatakan bingung karena baru pertama kali terbang," tambah Sanowar Khan.

Setelah menjalani pemeriksaan, polisi memercayai alasan pria itu dan membebaskannya.

Insiden tersebut dibenarkan kepala bagian komunikasi GoAir, Vaibhav Tiwari.

"Seorang penumpang memberi tahu kru kabin yang segera mengamannya. Di bandara kami menyerahkannya kepada CISF yang membawanya ke kepolisian," ujar Tiwari.

Baca juga: Terlambat, Penumpang Coba Buka Pintu Pesawat dari Luar secara Paksa

Sementara itu, sejumlah teknisi penerbangan menegaskan pintu pesawat tidak bisa dibuka saat tengah mengudara karena adanya tekanan kabin.

"Meski pintu tidak akan bisa dibuka saat pesawat tengah mengudara, tetap saja insiden itu membuat para penumpang ketakutan," ujar Tiwari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com