Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Hari Terjebak di Kapal Terbalik, Seorang Pria di Tanzania Selamat

Kompas.com - 23/09/2018, 13:13 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

DODOMA, KOMPAS.com - Insiden kapal feri yang terbalik di Danau Victoria, Tanzania, merenggut korban jiwa hingga 209 orang pada Sabtu (22/9/2018).

Beberapa mampu menyelamatkan diri, termasuk seorang ahli mesin kapal yang mengunci dirinya di ruang mesin kapal feri yang karam pada Kamis (20/9/2018) malam.

Kapal feri terbalik hanya beberapa meter dari dermaga di Ukerewe, pulau besar dengan danau.

Melansir Reuters seperti yang diwartakan The Telegraph, empat penyelam angkatan laut melanjutkan pencarian terhadap kapal MV Nyerere pada Sabtu pagi, setelah mendengar suara yang menunjukkan tanda-tanda kehidupan.

Baca juga: Kapal Terbalik di Tanzania, Presiden Perintahkan Tangkap Pengelola Feri

Ternyata, mereka menemukan seorang pria dan mengeluarkannya dari kapal yang terbalik. Pria tersebut segera dilarikan ke rumah sakit.

Sementara, jasad penumpang terus bermunculan ke permukaan air di sekitar kapal feri.

Sejumlah kerabat korban menunggu informasi tentang keberadaan anggota keluarga yang mereka cintai. Peti jenazah telah disiapkan, menanti jasad yang diangkat dari perairan dan kapal.

"Kapal feri terbalik sangat cepat dan menutupi kami," kata seorang penyintas lainnya, Charles Ngarima.

"Saya beruntung karena saya bisa berenang di dalam air, tak tahu ke mana saya harus menuju sambil terus berenang agar selamat," ucapnya.

Korban selamat lainnya, Jennifer Idhoze, berpendapat kelebihan muatan menjadi penyebab terbaliknya kapal.

"Saya bisa melompat dari kapal feri. Begitulah saya bisa selamat," imbuhnya.

Menteri Pekerjaan, Transportasi, dan Komunikasi Tanzania, Isack Kamwelwe, mengatakan pemerintah telah mengirimkan peralatan khusus untuk membantu upaya penyelamatan.

Baca juga: Kapal Feri Terbalik di Tanzania, 44 Orang Tewas dan Ratusan Lainnya Hilang

"Perlengkapan ini akan meningkatkan efisiensi operasi penyelamatan, dan kami akan terus melakukan pencarian sampai selesai," katanya.

CNN mewartakan, laporan awal penyelidikan menyebutkan kelebihan muatan berkontribusi pada insiden terbaliknya kapal feri. Namun, investigasi lebih lanjut akan terus dilakukan.

Belum jelas berapa jumlah penumpang yang diangkut dengan kapal tersebut. Kapal disebut berkapasitas 100 orang, namun dipakai untuk mengangkut lebih dari 400 penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com