Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pejabat Israel: Insiden Penembakan Pesawat Tak Ganggu Koordinasi dengan Rusia

Kompas.com - 21/09/2018, 22:44 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TEL AVIV, KOMPAS.com - Pejabat Israel menegaskan koordinasinya dengan Moskwa di Suriah tidak berubah meski terjadi insiden penembakan jatuh pesawat militer yang menewaskan 14 personil tentara Rusia.

"Tidak ada perubahan dalam mekanisme dekonfliksi atas akibat dari insiden menyedihkan ini," kata pejabat militer Israel yang tak ingin diungkapkan identitasnya, Jumat (21/9/2018).

Insiden yang dimaksud pejabat tersebut yakni jatuhnya pesawat militer IL-20 milik Rusia akibat ditembak sistem pertahanan udara pasukan rezim Suriah pada Senin (17/9/2018) malam.

Pesawat tersebut membawa 14 personil tentara dan sedang dalam perjalanan menuju pangkalan udara Hmeimim di Suriah tenggara.

Baca juga: Pesawat Rusia Ditembak Suriah, Presiden Assad Salahkan Israel

Kementerian Pertahanan Rusia sempat menuding Tel Aviv sebagai pihak yang bertanggung jawab atas insiden tersebut karena penembakan terjadi saat jet tempur Israel melancarkan serangan ke Suriah.

Tuduhan tersebut langsung dibantah Israel dan melemparkan kesalahan kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad, Iran, dan kelompok Hizbullah.

Presiden Vladimir Putin sebaliknya berkomentar lebih damai dengan menyebut insiden jatuhnya pesawat militer adalah kebetulan yang tragis dan bukan kesalahan Israel.

Israel juga telah mengutus delegasi khusus yang dipimpin Komandan Angkatan Udara Mayor Jenderal Amikam Norkin untuk berbagi temuannya terkait insiden tersebut.

Pejabat tersebut mengatakan, kedua pihak telah berkomitmen pada mekanisma yang sangat efektif namun menekankan pada kebebasan bergerak Israel.

Pengaturan antara Israel dan Rusia di Suriah dicapai pada 2015, saat pasukan Rusia melakukan intervensi untuk menghindari bentrokan antara militer kedua negara.

Israel secara teratur melancarkan serangan di Suriah dengan menargetkan sasaran Iran dan Hizbullah.

Baca juga: Israel Siap Berbagi Temuan Militer Soal Insiden Jatuhnya Pesawat Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com