Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpapar Bahan Kimia Misterius, 50 Siswa SD Jatuh Sakit

Kompas.com - 21/09/2018, 18:39 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

WELLINGTON, KOMPAS.com - 50 siswa sekolah di kawasan Wairarapa, Selandia Baru, dilaporkan harus menerima perawatan setelah terpapar bahan kimia misterius.

Diwartakan Newsweek Jumat (21/9/2018), bahan kimia tersebut dijatuhkan dari sebuah pesawat di dekat SD South End di kota Carterton.

Baca juga: Mantan Teroris Minta Polisi Awasi Jual Beli Bahan Kimia di Surabaya

The New Zealand Herald memberitakan, para siswa mencium bau seperti telur busuk ketika melihat sebuah pesawat melintas dan menjatuhkan bahan kimia tersebut.

Dinas Layanan Ambulans Wellington berujar, 40 siswa dirawat di tempat setelah hanya menunjukkan gejala minor. Sedangkan sisanya dilarikan ke Rumah Sakit Wairarapa.

Lima ambulans, unit dekontaminasi, dan delapan mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Setiap staf dan siswa yang tak terpapar menjalani prosedur dekontaminasi sebelum diizinkan pulang.

Anggota pemadam kebakaran Wayne Robinson berujar, ketika pesawat itu menjatuhkan bahan kimia tersebut, para siswa mulai mengeluh sakit.

"33 murid di antaranya menunjukkan gejala seperti muntah-muntah," kata Robinson. Orangtua siswa yang resah memilih mengantri di depan sekolah.

Mereka menunggu kabar berkaitan dengan anak mereka. Situs Newshub memberitakan, para orangtua itu diminta pulang untuk mengambil baju baru.

Politisi lokal Ron Mark yang tiba di lokasi seperti dikutip Stuff, menyatakan nampaknya pesawat itu salah menyemprotkan pestisida.

Lebih lanjut, Inspektur Polisi Wairarapa Scott Miller dalam keterangan tertulis berkata, jajarannya telah memulai pengusutan asal bau itu.

"Sebagai bagian dari penyelidikan, polisi bakal menuju ke setiap rumah warga di kawasan itu, termasuk juga sekolah yang terpapar bahan kimia," tutur Miller.

Dilaporkan, jalan yang menuju area sekolah telah ditutup dengan lalu lintas dialihkan untuk mempermudah investigasi aparat berwenang.

Baca juga: Israel Diduga Semprotkan Bahan Kimia ke Lahan Pertanian di Jalur Gaza

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com