Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: HG Wells, Penulis Novel Fiksi Ilmiah yang Visioner

Kompas.com - 21/09/2018, 16:53 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

KOMPAS.com - Inggris banyak memiliki penulis-penulis ternama yang karya-karyanya mendunia dan masih dibaca hingga masa kini.

Di antara para penulis itu ada salah seorang penulis yang karya-karya sering dikatakan memiliki imajinasi modern jauh melebihi masanya, sebuah karya fiksi namun juga visioner. Dialah Herbert George Wells, atau yang lebih dikenal dengan HG Wells.

Lahir pada 21 Septemer 1866 di Bromley, Kent, Inggris tenggara, Wells adalah bungsu dari empat bersaudara dari pasangan Joseph Wells dan Sarah Neal.

Wells datang dari keluarga sederhana. Orangtuanya hanyalah penjaga toko kecil yang sebelumnya menjadi pelayan rumah tangga.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Agatha Christie, Penulis Novel Detektif Terlaris

Dalam keseharian masa kecilnya, Wells banyak merasakan sulitnya hidup dalam kemiskinan dan keterbatasan ekonomi.

Dia juga tidak memperoleh pendidikan formal yang cukup. Namun hal itu sedikit terbantu dengan kegemarannya membaca, membuat Wells memiliki pengetahuan yang lebih luas dibanding anak-anak lain seusianya.

Saat berusia 14 tahun, Wells bekerja paruh waktu di sebuah toko kain di Windsor. Dia juga sempat menjadi asisten seorang ahli kimia dan penerima tamu di sebuah sekolah.

Wells sempat mempelajari biologi di Sekolah Sains di Kensington, London, setelah mendapatkan beasiswa saat berusia 18 tahun.

Wells juga mendapat gelar sarjana di bidang ilmu kehewanan dari program khusus di Universitas London pada 1988.

Di antara tahun-tahun pendidikannya, Wells juga kadang menjadi asisten pengajar untuk murid-murid yang lebih muda.

Menjadi Penulis Terkenal

Dari kegemarannya membaca, Wells menjadi senang menulis. Dengan pengalamannya belajar biologi, buku pertama hasil karyanya yang dipublikasikan adalah sebuah buku teks biologi yang diterbitkan pada 1893.

Novel pertamanya yang berjudul The Time Machine, yang bergenre fiksi ilmiah, dirilis dua tahun berselang dan langsung meraih sukses.

Setelahnya, Wells kembali merilis sejumlah novel fiksi ilmiah lainnya, yang kemudian seolah menjadi ciri khas dari karya-karya tulisannya.

Bahkan sejumlah novel tersebut dipublikasikan dalam rentang waktu yang tak terlampau lama, seolah menunjukkan Wells sebagai penulis dengan produktivitas ide yang sangat besar.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Harry Warner, Presiden Awal Warner Bros

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com