Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 8 Pemimpin yang Berusia Muda...

Kompas.com - 21/09/2018, 15:47 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Usia muda bukan berarti tidak bisa apa-apa, termasuk menjalankan pemerintahan. Hal ini dibuktikan dengan beberapa pemimpin yang berhasil memangku jabatannya pada usianya relatif muda. 

Pemimpin muda memang relatif menawarkan ide-ide segar dan kecakapan kerja yang dinamis.

Tapi tahukah Anda ada beberapa pemimpin di dunia dalam usia muda telah memegang jabatan pemimpin?

Setidaknya terdapat delapan pemimpin muda yang sampai saat ini masih berada di pucuk kepemimpinan:

1. Sebastian Kurz (Austria)

Kanselir Austria, Sebastian Kurz saat memberikan keterangan dalam konferensi pers di Brussels pada Juni 2018.AFP / JOHN THYS Kanselir Austria, Sebastian Kurz saat memberikan keterangan dalam konferensi pers di Brussels pada Juni 2018.
Kanselir Austria ini lahir di Wina pada 27 Agustus 1986. Setelah menamatkan kuliahnya, pada 2011 ia memberanikan diri untuk terjun di kancah politik.

Partai Rakyat Austria (0VP) menjadi langkah yang dipilihnya, hingga akhirnya bisa menjadi ketua umum.

Pada 2013, Kurz terpilih menjadi anggota parlemen. Di usianya yang baru 27 tahun, Kurz sudah dipercaya untuk memangku jabatan sebagai Menteri Luar Negeri Australia. Dalam kancah perpolitikan Austria, dia tercatat sebagai menteri termuda.

Kebijakannya pun dikenal kontroversial. Pada 2016, dia memerintahkan penutupan jalur Balkan yang kerap dipakai imigran untuk memasuki Austria.

Selain itu, ia berjanji akan terus membatasi jumlah pengungsi dan imigran ilegal yang memasuki Austria, serta memperketat penjagaan perbatasan Austria.

Berbagai upaya dilakukannya dengan menyudahi grand coallition dari partai berkuasa, Partai Sosial Demokrat, yang akhirnya memicu pemilu dini.

Setelah perjuangannya, namanya merangkak naik menjadi Kanselir Australia pada Oktober 2017.

2. Emmanuel Macron (Perancis)

Presiden Perancis Emmanuel Macron berbicara di depan duta besar negara sahabat di Istana Kepresidenan Elysee, Selasa (29/8/2017)AFP PHOTO Presiden Perancis Emmanuel Macron berbicara di depan duta besar negara sahabat di Istana Kepresidenan Elysee, Selasa (29/8/2017)

Presiden Perancis ini lahir di Amiens, Perancis pada 21 Desember 1977. Pendidikan awalnya ditempuh di Perancis. Pada 1999, ia bekerja sebagai asisten editor untuk filsuf Paul Ricœur yang menulis buku.

Pada 2006, Macron tergabung sebagai anggota Partai Sosialis. Kariernya semakin naik ketika 2012 hingga 2014 menjabat Deputi Sekretaris Jenderal Istana Elysee. Saat itu, Francois Hollande menjabat presiden Perancis.

Puncaknya pada Agustus 2014, Macron dilantik sebagai Menteri Ekonomi, Industri, dan Data Digital, di bawah kepemimpinan Hollande.

Pada 2017, nama Macron meroket. Hingga akhirnya pada Mei 2017, ia ditetapkan sebagai presiden dalam usia 38 Tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com