Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Sekolah di China Tewas saat Dihukum Lompat Katak

Kompas.com - 20/09/2018, 18:19 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber SCMP

XINSHAO, KOMPAS.com - Otoritas berwajib di China kini tengah melakukan investigasi terkait kasus meninggalnya seorang siswa sekolah saat menjalani hukuman fisik dari gurunya.

Siswa tersebut yang berusia 16 tahun, mendapat hukuman dari guru di sekolah menengah Xinshao No.2 karena berbicara saat jam tidur siang.

Siswa yang disebut hanya dengan nama Zhang, dihukum oleh gurunya yang bernama Xie, untuk melakukan lompat kodok di sebuah turunan sepanjang 20 meter.

Namun saat melakukan hukuman tersebut, Zhang mendadak tidak sadarkan diri. Demikian disampaikan pejabat pemerintah Xinshao di Provinsi Hunan kepada SCMP, Kamis (20/9/2018).

Baca juga: Dihukum karena Ganggu Upacara Kuil, Siswa Biksu di Thailand Tewas

Zhang segera dilarikan ke rumah sakit, namun dia dinyatakan telah meninggal dengan kondisi bagian dalam mulut, telinga dan hidung berdarah.

Petugas polisi menemukan tidak ada tindakan kekerasan yang terjadi maupun kontak antara guru dengan siswa yang meninggal.

Juru bicara pemerintah mengatakan, Xie bersama dengan tiga staf sekolahan, termasuk kepala sekolah dan wakilnya, kini sedang dimintai keterangan oleh otoritas setempat.

"Pihak kepolisian belum melaporkan kasus ini, namun pihak komite sekolah dan dinas pendidikan sedang melakukan penyelidikan," ujar juru bicara dilansir SCMP.

Menurut keterangan keluarga siswa, insiden itu terjadi pada Minggu (16/9/2018), saat jadwal tidur siang.

Zhang bersama seorang temannya yang kedapatan berbicara di kelas diminta ke lapangan untuk menjalani hukuman lompat katak.

Berdasarkan rekaman kamera pengawas yang telah dilihat keluarga Zhang, kedua siswa dihukum menaiki jalan yang menanjak dengan cara melompat jongkok dan kedua tangan di belakang badan.

Dikatakan pihak keluarga, Zhang yang digambarkan sebagai anak yang kuat dan aktif sempat terjatuh saat melompat kemudian tak sadarkan diri.

Baca juga: Siswi SMA Tak Bisa Bergerak karena Dihukum Squat Jump, Sang Ayah Pasrah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com