Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu AS Ingin Korut Bebas Senjata Nuklir di 2021

Kompas.com - 20/09/2018, 12:25 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menuturkan mereka siap bernegosiasi ulang dengan Korea Utara (Korut).

Pernyataan Pompeo keluar setelah Pemimpin Korut Kim Jong Un bertemu Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in di Pyongyang.

Diwartakan BBC Kamis (20/9/2018), Pompeo mengatakan dia telah mengundang Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong Ho ke New York pekan depan.

Baca juga: Kim Jong Un Ingin Denuklirisasi Sebelum Jabatan Trump Berakhir

Setelah pertemuan Pompeo-Ri, bakal digelar juga pertemuan antara perwakilan AS dan Korut di Wina, Austria.

Dua pertemuan itu bakal menjadi langkah awal negosiasi antara Negeri "Paman Sam" dengan Pyongyang untuk memulai proses denuklirisasi.

"Pelucutan senjata nuklir itu diharap bisa selesai di Januari 2021, sesuai komitmen Pemimpin Kim, untuk membangun rezim yang damai dan stabil di Semenanjung Korea," kata Pompeo.

Kim sempat mengatakan bahwa dia bakal melaksanakan proses pelucutan nuklir sebelum masa jabatan Presiden Donald Trump berakhir.

Dalam pertemuan yang berlangsung sejak Selasa (18/9/2018), Moon berkata Kim berencana untuk menutup dua fasilitas rudal balistik utama.

Yakni situs uji coba mesin rudal di Tongchang-ri dan fasilitas peluncurannya di Dongchang-ri dengan disaksikan pengamat internasional.

Kim sebelumnya telah menghancurkan situs peluncuran rudal di Punggye-ri sebelum dia bertemu Trump di Singapura 12 Juni lalu.

Kim juga menegaskan bakal menutup situs nuklirnya di Yongbyon jika AS juga memberikan sebuah tindakan balasan.

BBC memberitakan dari citra satelit, situs Tongchang-ri yang digunakan sejak 2012 itu telah berada dalam proses penghancuran.

Komitmen itu mendapat pujian dari Trump. Presiden 72 tahun itu berujar, dia telah menerima undangan untuk melaksanakan pertemuan jilid dua.

Presiden dari Partai Republik itu berujar dia dan Kim bakal membungkam pakar yang meragukan bakal terjadi denuklirisasi.

Baca juga: Trump Puji Rencana Kim Jong Un Tutup Fasilitas Rudal Balistiknya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com