Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Puji Rencana Kim Jong Un Tutup Fasilitas Rudal Balistiknya

Kompas.com - 19/09/2018, 20:20 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memuji Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

Trump memuji rencana Kim menutup fasilitas uji coba rudal balistik setelah bertemu Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Je-in.

Baca juga: Kim Jong Un Berjanji Bakal Tutup Situs Uji Coba Rudalnya

Newsweek melaporkan Rabu (19/9/2018), dalam pertemuan yang berlangsung di Pyongyang itu, Moon berkata Kim berjanji bakal tutup dua situs rudal penting.

Yakni fasilitas uji coba mesin rudal di Tongchang-ri, dan situs peluncurannya di Dongchang-ri. Dia berjanji mengundang pakar internasional untuk menyaksaikan penutupannya.

Dalam konferensi pers gabungan, Moon berujar dia dan Kim sepakat untuk melaksanakan denuklirisasi demi mencapai tujuan Semenanjung Korea yang bebas ancaman nuklir.

Sementara Kim menyebut pertemuan yang berlangsung sejak Selasa (18/9/2018) itu merupakan langkah maju demi perdamaian dua negara.

Tidak hanya itu. Moon menjelaskan Kim bersedia menutup situs nuklir Yongbyon asalkan AS melakukan timbal balik.

Dalam kicauan di Twitter, Trump menuturkan Kim telah setuju menggelar inspeksi nuklir serta berniat menutup situs rudalnya.

"Tidak akan ada uji coba nuklir atau rudal, para pahlawan bisa pulang ke rumahnya, dan ide Korut-Korsel jadi tuan rumah Olimpiade 2032. Sangat menarik!" puji Trump.

Kim dan Trump sempat menggelar pertemuan di Singapura pada 12 Juni lalu. Saat itu, keduanya menandatangani deklarasi di mana salah satunya Korut sepakat denuklirisasi.

Namun, progres pelucutan senjata nuklir Korut melambat dengan sejumlah laporan menduga negara komunis itu masih meneruskan program persenjataan nuklirnya.

Baca juga: Kim Jong Un Ingin Denuklirisasi Sebelum Jabatan Trump Berakhir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com