Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhan AS Bantah Rumor Bakal Meninggalkan Pentagon

Kompas.com - 19/09/2018, 18:28 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) James Mattis membantah rumor bahwa dia bakal meninggalkan jabatannya.

Dilaporkan AFP via Straits Times Rabu (19/9/2018), Mattis menjadi sorotan setelah buku jurnalis veteran Bob Woodward, Fear: Trump in the White House.

Baca juga: Kepala Staf Gedung Putih Sebut Trump Idiot

Dalam buku tersebut, Mattis mempertanyakan kebijakan Presiden Donald Trump, dan menyamakan pemahamannya seperti anak berusia 10 atau 11 tahun.

Harian New York Times dalam artikelnya Sabtu (15/9/2018) mengutip sejumlah pejabat AS bahwa Mattis berada dalam posisi sulit.

Sebabnya, saat ini Trump tengah berniat untuk mengevaluasi para pejabat maupun staf Gedung Putih yang loyal kepadanya.

Dikonfirmasi awak media, mantan jenderal Korps Marinir itu menyanggah rumor tersebut dengan menyatakan dia bakal santai menanggapinya.

"Rumor itu bakal mati dengan sendirinya. Jadi si penyebar bisa membuat kabar burung baru. Tanggapi saja dengan sedikit humor," ujar Mattis.

Mantan Kepala Komando Pusat AS itu membantah jika dia mengolok-olok Trump seperti anak kecil, maupun berbicara dengan Woodward.

Dia berkata tidak memiliki niat meninggalkan Pentagon, dan mengaku betapa dia mencintai jabatan yang dia emban sejak Januari 2017.

"Malah, saya berpikir untuk pensiun di sini. Mempunyai tempat tinggal kecil di sekitar Sungai Potomac," papar Mattis.

Dia mengaku bahwa kadang kebijakan yang keluar tidak sesuai harapannya. Namun, dia menegaskan Trump adalah pribadi yang bijaksana dan dewasa.

Mattis menuturkan, buku Woodward adalah fiksi. "Semua sumber anonim yang dia ajukan sepertinya tak meyakinkan," kata Mattis.

Baca juga: Staf Gedung Putih Sebut Ada Rencana Menyingkirkan Presiden Trump

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com