Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Perang Perancis Tembakkan Roket ke Arah Suriah

Kompas.com - 18/09/2018, 13:22 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Sistem pengendali ruang udara Rusia mencatat adanya peluncuran misil dari sebuah fregat AL Perancis di Laut Tengah, Senin (17/9/2018).

Militer Rusia mengatakan, fregat terbaru Perancis, FS Auvergne menembakkan sejumlah roket pada Senin pukul 20.00 malam di lepas pantai Suriah.

FS Auvergne adalah sebuah fregat serbaguna Eropa (FREMM) yang baru beroperasi di AL Perancis pada Februari lalu.

Baca juga: Lintasi Selat Channel, Kapal Perusak Rusia Dikuntit Fregat Inggris

Sebelum tugas resminya, kapal perang kelas Aquitaine itu sudah bertugas di berbagai lokasi termasuk Laut Tengah, Samudera Hindia, Teluk Persia, Laut China Selatan, dan Samudera Pasifik.

Penembakkan roket dari Auvergne itu terdeteksi di waktu yang sama saat menara pengendali pangkalan AU Khmeimim, Suriah kehilangan kontak dengan pesawat Il-20 dalam serangan udara Israel di Latakia.

Pesawat yang hilang itu membawa 14 orang penumpang dan kini operasi pencarian sedang dilakukan.Sejauh ini militer Israel (IDF) menolak mengomentari laporan itu.

Meski Israel jarang menyerang target di dalam wilayah Suriah, tetapi awal tahun ini IDF mengaku menyerang 202 "target Iran" di Suriah.

Di sisi lain, ketegangan di Idlib semakin meningkat di saat Turki dan Rusia sepakat untuk mendirikan "zona demiliterisasi" di antara kelompok pemberontak dan militer Suriah.

Baca juga: Filipina Teken Pengadaan Fregat dengan Korsel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com