Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Siap Bantu Bangun Kembali Suriah Jika...

Kompas.com - 14/09/2018, 21:17 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BERLIN, KOMPAS.com - Pemerintah Jerman menyatakan siap berkontribusi untuk membangun kembali Suriah yang hancur akibat perang saudara dengan syarat.

Disampaikan Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Maas, Berlin bersedia ikut serta dalam upaya membangun kembali Suriah jika dicapai solusi politik untuk digelarnya pemilihan yang adil di negara itu.

Pernyataan Maas itu sekaligus menjawab pertanyaan yang dilontarkan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Agustus lalu yang meminta negara-negara Eropa untuk bertindak dalam rekonstruksi Suriah.

"Jika ada solusi politik di Suriah yang mengarah pada terlaksananya pemilihan yang bebas maka kami siap untuk ikut mengambil tanggung jawab dalam rekonstruksi," tulis Maas dalam akun twitter-nya, Jumat (14/9/2018).

Baca juga: Rusia Kembali Lancarkan Serangan Udara di Wilayah Pemberontak Idlib

"Adalah keuntungan bagi kami jika Suriah menjadi negara yang stabil. Untuk itu rekonstruksi diperlukan dan kami memiliki peran penting dalam hal itu," tambahnya dilansir The New Arab.

Pada kesempatan yang sama, Maas turut menggarisbawahi permintaan Berlin agar Moskwa dapat menggunakan pengaruhnya untuk membuat Presiden Bashar al-Assad membatalkan rencana penyerangan besar-besaran ke Idlib yang dikendalikan pemberontak.

"Saya akan mencoba meyakinkan kolega saya, Lavrov (Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov), harapan kami bahwa seharusnya serangan besar di Idlib tidak perlu terjadi," lanjut Maas.

Pasukan rezim Suriah yang didukung Rusia telah mengepung wilayah Idlib dalam beberapa pekan terakhir.

Hal tersebut menyulut kekhawatiran akan terjadinya serangan udara maupun darat yang akan segera terjadi untuk merebut wilayah kantong terakhir itu dari kelompok oposisi.

Selama kunjungannya ke Berlin pada bulan Agustus, Putin telah meminta negara-negara Eropa untuk ikut mendanai rekonstruksi Suriah hingga memungkinkan bagi jutaan pengungsi untuk pulang.

Jerman telah menjadi tuan rumah bagi lebih dari satu juta pencari suara sejak 2015. Banyak dari mereka yang melarikan diri dari perang di Irak dan Suriah.

Baca juga: Iran-Suriah Teken Kesepakatan Kerja Sama Militer dan Rekonstruksi

Kanselir Jerman, Angela Merkel telah memutuskan untuk mempertahankan perbatasan negaranya tetap terbuka untuk masuknya pengungsi. Keputusan yang menuai pro dan kontra dari warga Jerman.

PBB telah memperingatkan serangan ke Idlib akan menciptakan bencana kemanusiaan terburuk abad ini dengan memaksa ribuan warga melarikan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com