Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pertunjukan Tampilkan Pria dan Wanita Menari Bersama, Dua Orang Ditahan

Kompas.com - 11/09/2018, 15:07 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TEHERAN, KOMPAS.com - Otoritas Iran menahan dua orang tokoh seni pertunjukan negara itu, setelah sebuah video trailer pertunjukan drama teater yang dirilis menampilkan pria dan wanita menari bersama.

Trailer tersebut dirilis sebagai promosi sebuah produksi pertunjukan drama teater yang menampilkan karya Shakespeare berjudul "A Midsummer Night's Dream".

Dalam trailer pertunjukan drama tersebut, yang dirilis dan tersebar di berbagai media, tampak pemain pria dan wanita, yang tampil untuk pertunjukan itu menari bersama.

Undang-undang yang berlaku di Iran melarang pria dan wanita menari bersama di hadapan publik.

Baca juga: Sensor di Iran, mulai Foto Shah Iran hingga Bokong Banteng

Atas video yang dirilis itu, sutradara pertunjukan teater, Maryam Kazemi dan Saeed Asadi, manajer gedung Teater Kota Teheran, di mana drama pertunjukan itu ditampilkan, telah ditahan pada Minggu (9/9/2018).

Penahanan tersebut dilakukan berdasarkan perintah pengadilan. Demikian disampaikan Shahram Karami, pejabat Kementerian Kebudayaan dan Pedoman Islam Iran.

Namun penahanan itu tidak berlangsung lama setelah Menteri Kebudayaan Iran, Abbas Salehi mengintervensi dan membayar jaminan untuk pembebasan keduanya.

Dilansir AFP, keduanya dibebaskan setelah kementerian membayarkan jaminan sebesar 3 juta rial (sekitar Rp 1 juta) masing-masing.

"Berkat kegigihan yang ditunjukkan Menteri Kebudayaan akhirnya mendorong pengadilan media dan budaya untuk menandatangani pembebasan Saeed Asadi dan Maryam Kazemi," kata Karami kepada IRNA, Senin (10/9/2018).

Karami menyampaikan, penahanan terhadap kedua tokoh seni pertunjukan Iran itu adalah karena jenis musik yang dimainkan dan gerakan para pemeran yang ditampilkan di trailer.

"Yang dipermasalahkan adalah trailer yang mereka rilis dan bukan dari konten pertunjukan yang mereka tampilkan," tambah Karami.

Saat penahanan terhadap keduanya dilakukan, pertunjukan drama tersebut telah dilangsungkan selama tujuh malam dari rencana delapan malam pertunjukan. Pertunjukan ditampilkan di Teater Kota Teheran.

Baca juga: Iran Resmikan Jet Tempur Terbaru Buatan Sendiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com