Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan AS Tawarkan Pencarian Kapal Selam Argentina yang Hilang

Kompas.com - 07/09/2018, 13:18 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Keluarga awak kapal selam milik angkatan laut Argentina yang hilang pada November tahun lalu kini memiliki harapan baru untuk dapat menemukan anggota keluarga mereka.

Hal itu setelah sebuah perusahaan eksplorasi dasar laut yang berbasis di AS, Ocean Infinity, mengajukan proposal pencarian kapal selam ARA San Juan kepada pemerintah Argentina.

Perusahaan tersebut akan menggunakan kapal pengeksplorasi, Seabed Constructor, yang sebelumnya sempat digunakan dalam pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370, awal tahun 2018.

Meski pada akhirnya tetap tidak dapat menemukan pesawat yang hilang dalam penerbangan dari Kuala Lumpur ke Beijing pada Maret 2014 tersebut.

Baca juga: Cari Kapal Selam yang Hilang, Argentina Sewa Jasa Paranormal

Kapal Seabed Constructor berangkat dari pelabuhan Comodoro Rivadavia, sekitar 1.800 kilometer selatan Buenos Aires, dengan membawa pelaut Argentina dan kerabat dari awak kapal selam yang hilang.

"Kami merasa ini seperti kesempatan terakhir untuk menemukan mereka, dan kami ingin mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi," kata Luis Tagliapietra, ayah dari Letnan Alejandro yang menjadi salah satu awak dalam kapal selam San Juan.

Tim penyelidik menduga terjadi kesalahan teknis saat kapal selam dalam perjalanan kembali ke pangkalan yang terletak di selatan pelabuhan Mar del Plata dan hilang kontak di sekitar 450 kilometer lepas pantai Argentina.

Kapal pengeksplorasi konstruksi dasar laut itu dilengkapi dengan kamera yang dapat menyelam hingga kedalaman 6.000 meter.

Apabila mereka dapat menemukan kapal selam yang hilang, maka perusahaan tersebut akan mendapat hadiah sebesar 7,5 juta dolar (sekitar Rp 111 miliar).

Pemerintahan Presiden Mauricio Macri telah menyatakan bahwa tidak ada awak kapal selam San Juan yang dapat selamat.

Namun apa yang terjadi dengan kapal selam yang hilang di perairan Atlantik Selatan itu masih belum jelas.

Baca juga: Cari Kapal Selam yang Hilang, Argentina Tawarkan Rp 54 Miliar

Upaya pencarian kapal selam milik Angkatan Laut Argentina itu telah dihentikan pada 30 November 2017 lalu.

Para keluarga awak kapal selam yang hilang terus menekan pemerintah Argentina untuk tidak menyerah dalam upaya pencarian.

Mereka juga menggelar aksi protes hingga berkemah di depan gedung parlemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com