Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembak Mati Beruang di Hari Ulang Tahun, Gubernur Ini Dikecam

Kompas.com - 06/09/2018, 14:59 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang gubernur di kawasan tambang emas di Siberia, Rusia, menuai kecaman karena menembak mati seekor beruang yang sedang hibernasi.

Dilaporkan Daily Mirror Rabu (5/9/2018), Sergey Levchenko, Gubernur Region Irkutsk, melakukan perburuan sebagai perayaan ulang tahunnya.

Dalam video yang beredar, Levchenko menembak beruang cokelat itu tepat di titik butanya menggunakan senapan yang dilaporkan didapat sebagai hadiah ulang tahun.

Baca juga: Serangan Beruang Kutub di Kanada Tewaskan Seorang Pemburu

"Itu ada kepalanya. Tembak beruang itu tepat di kepalanya," kata seseorang yang ikut dalam perburuan itu menyarankan Levchenko.

Beruang yang sudah mati itu kemudian ditarik keluar dari sarangnya. Peserta perburuan lain bertanya apakah Levchenko sudah mendapatkan yang dia inginkan.

Dalam video yang beredar itu disertakan juga kritik dalam bahasa Rusia berbunyi seekor beruang yang sedang tidur tepat di titik butanya.

"Setiap pemburu yang mempunyai empati di dalamnya bisa menilai apa yang sedang terjadi di sana," demikian bunyi kritik tersebut.

Netizen di YouTube menghujat Levchenko dengan menjulukinya sebagai gubernur keji serta seorang penyiksa binatang.

Di Rusia, terdapat larangan untuk memburu beruang di November, dan ilegal untuk menembak mereka ketika sedang hibernasi.

Para pelanggar bisa dikenai hukuman penjara hingga lima tahun. Aparat kepolisian didesak untuk melakukan pengusutan apakah Levchenko melakukan pelanggaran.

Ketua Komite Sumber Daya Alam Nikolai Nikolaev berujar, membunuh beruang yang sedang tidur tidak dibenarkan meski yang bersangkutan pejabat publik.

Video tersebut dilaporkan direkam pada November 2016. Levchenko menanggapi peredarannya merupakan bentuk tipuan licik.

Dia menuding penyebarannya merupakan kampanye hitam yang dilayangkan pendukung Presiden Vladimir Putin jelang pemilu legislatif di Irkutsk.

Sementara juru bicaranya berkilah beruang itu ditembak mati setelah sebelumnya mengantongi izin dari penduduk setempat.

"Perburuan dilakukan setelah warga lokal mengeluhkan adanya beruang yang sering mengganggu mereka," kata juru bicara tersebut.

Nikolai Tereshchenko, pemburu yang menemani Levchenko, menuturkan perburuan tersebut legal karena beruang itu memberikan ancaman.

Baca juga: 2 Pekan Hilang, Gadis Ini Selamat Setelah Menghindari Beruang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com