Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang 4 Hari di Hutan Belantara, Balita di China Ditemukan Selamat

Kompas.com - 05/09/2018, 11:44 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber SCMP

NANNING, KOMPAS.com - Seorang balita ditemukan dalam keadaan selamat, setelah hilang di hutan belantara selama empat hari di wilayah Guangxi, China.

Bayi perempuan usia 22 bulan bernama Xiaojiao itu hilang saat bermain bersama dengan dua saudara kandungnya, yang berusia empat tahun dan enam tahun.

SCMP mewartakan pada Selasa (4/9/2018), mereka bermain di dekat desa kecil Shuikou, hingga akhirnya diketahui bahwa Xiaojiao kecil hilang.

Penduduk desa dan 700 anggota polisi diterjunkan untuk mencari keberadaan balita itu selama berhari-hari, di perbukitan Rong.

Baca juga: Hilang Tiga Hari di Hutan, Bocah Usia 2 Tahun Ditemukan Selamat

Polisi juga mengerahkan pesawat tanpa awak atau drone dan anjing pelacak untuk menemukan Xiaojiao.

Sang ayah yang merupakan seorang petani bernama Chen Qinran menyadari anaknya telah hilang, setelah dia tak kembali ke rumah untuk makan malam.

Namun, dia tidak melaporkan perihal kehilangan anaknya kepada pihak berwenang resmi sampai sore hari berikutnya.

"Waktu sejak anak hilang sampai kami dapat menerima laporan (anak hilang) itu hampir 24 jam, jadi kami kehilangan waktu terbaik untuk mencarinya," kata Huang Jianfeng, kepala polisi setempat.

"Itu tidak hanya meningkatkan kesulitan pencarian, tapi juga kemungkinan adanya kecelakaan," imbuhnya.

Selama tiga hari, polisi dan ratusan relawan menyusuri kolam ikan, menyeberangi sungai dan menyisir hutan lebat berbukit yang mengelilingi desa. Bayi perempuan itu hilang tepat pada musim hujan sehingga beberapa area licin.

Petugas kepolisian juga memeriksa kamera pengawas dan menghentikan kendaraan yang mencurigakan di sekitar area tersebut.

Namun, berbagai upaya tidak dapat berhasil menemukan Xiaojiao hingga semua berubah pada Jumat (31/8/2018) pagi.

Baca juga: Tarian Erotis Gegerkan Orangtua Murid TK di China

Pada hari keempat sejak hilang, Xiaojiao ditemukan oleh seorang penduduk desa yang mendengar suara aneh dari semak-semak pada lereng curam di atas kanal.

Warga langsung menghubungi polisi yang segera meluncur ke lokasi. Mereka mendapati anak itu tergeletak dengan luka dan bekas gigitan serangga.

Xiaojiao dilarikan ke klinik kesehatan terdekat, kemudian dipindahkan ke rumah sakit untuk menerima perawatan guna menangani dehidrasi dan memar yang dideritanya.

Laporan pemeriksaan kesehatan menunjukkan anak tersebut dalam kondisi stabil.

"Ini adalah keajaiban," kata seorang pejabat polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com