Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ongkos ke Nauru Capai Rp 782 Juta, Ini Pembelaan PM Selandia Baru

Kompas.com - 04/09/2018, 17:32 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber BBC

AUCKLAND, KOMPAS.com - PM Selandia Baru Jacinda Arden mempertahankan keputusannya meminta sebuah pesawat melakukan penerbangan tambahan agar dia segera bertemu dengan bayinya.

PM Ardern yang masih menyusui bayinya pada Rabu (29/8/2018)  terbang menuju ke Forum Negara-negara Pasifik yang digelar di Nauru.

Pesawat AU Selandia Baru sebelumnya sudah mengantar Wakil PM Winston Peters ke Nauru pada Senin (27/8/2018). Pesawat itu  kemudian langsung pulang ke Selandia Baru untuk menjemput Ardern.

Baca juga: Jacinda Ardern Jadi Perdana Menteri Termuda Selandia Baru

Dua kali penerbangan itu, memakan biaya sekitar 80.000 dolar Selandia Baru atau sekitar Rp 782 juta. Inilah yang kemudian dipermasalahkan.

Ardern mempertahankan keputusannya  untuk tidak terbang ke Nauru bersama sang wakil.

"Saya sudah mempertimbangkannya. Kami mempertimbangkan berbagai pilihan untuk mendapatkan cara alternatif untuk berangkat ke Nauru," ujar Ardern kepada harian NZ Herald, Senin (3/9/2018).

"Pilihannya adalah pergi meski sebentar atau tidak berangkat sama sekali. Jika saya tidak berangkat, maka kemungkinan akan ada kritik terhadap negeri ini," tambah dia.

Ardern melanjutkan, dia mendapatkan laporan pesawat AU Selandia Baru tak bisa tinggal di Nauru dan harus diparkir di Kepulauan Marshall yang berjarak satu jam penerbangan.

Ardern tak bisa berangkat ke Nauru bersama sang wakil karena dia akan terlalu lama meninggalkan bayi perempuannya yang baru berusia 11 bulan.

Sementara jika harus dibawa, bayi itu masih terlalu muda untuk mendapatkan vaksinasi yang diwajibkan pemerintah Nauru bagi siapa pun yang akan mengunjungi negeri itu.

Para netizen menanggapi berbeda masalah yang dialami PM Ardern ini.

"Kami bangga pemimpin kami berusaha untuk mengunjungi Nauru meski hanya sehari," ujar seorang pengguna Twitter.

Baca juga: Usai Cuti Melahirkan, PM Selandia Baru Kembali Bertugas

Namun, netizen lainnya mempertanyakan keputusan Ardern untuk tetap berangkat ke Nauru.

"Sebenarnya dia tak perlu hadir jika wakil PM sudah ada di sana," kata seorang netizen.

Namun, PM Ardern mengatakan, jika dia tidak hadir maka dirinya menjadi PM Selandia Baru pertama yang tidak hadir dalam forum itu sejak 1971. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com